Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kelas Viii B2 Di Smp Negeri 7 Makassar

Siti Nurharirah, Mustamin Mustamin, Abdul Wahab

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Kelas VIII B2 di SMP Negeri 7 Makassar yang mempunyai tujuan untuk 1) mengerahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada SMP Negeri 7 Makassar, 2) mengetahui Efektivitas Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kelas VIII B2 Di SMP Negeri 7 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan populasi penelitian sebanyak 33 peserta didik. Dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 responden makanya, jumlah sampel penelitian ini sebanyak 33 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini pula menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis infersial, dan uji hipotesis sebagai teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian dari pelaksanaan pendidikan karakter dalam penerapan kurikulum kelas VIII B2 SMP Negeri 7 Makassar dibuktikan dari hasil angket yang menunjukkan persentasi sebanyak 64% dan 66% berada pada kategori sedang. Begitupun dengan hasil wawancara dengan wakil kepada sekolah dan wali kelas VIII B2. Sedangkan hasil penelitian dari efektivitas pendidikan karakter melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kelas VIII B2 di SMP Negeri 7 Makassar menunjukkan bahwa keefektifannya pada persentase 49,6%, menunjukkan bahwa pendidikan karakter cukup efektif melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kelas VIII B2 di SMP Negeri 7 Makassar.

Keywords


Pendidikan Karakter; Kurikulum Merdeka Belajar; Profil Pelajar Pancasila

References


Annisa. (2023). Pembelajaran berbasis Projek dalam P5(Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Yrama Widya.

Hasan, S. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityan, Gowa dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Mandiri Makassar: Sebuah Studi Multi Kasus. International Journal Of Multicultural and Multireligious Understanding, 2(1), 23–34.

Indonesia, R. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.

Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242–252. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Moulina, D., Lian, B., & Putra, M. J. (2023). Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 10 Palembang. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 537–543. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v6i2.5892

Mustamin, M., & Zainal, A. Q. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 8–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226

Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Proceeding Umsurabaya, 2(1), 195–203.

Rahmatika, A. I., & Majid, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Siswa SD Al-Madina Wonosobo. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 241–246. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7056

Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18

Rosmiati., Nengsih, R. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaPenerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ElJour: Education and Learning, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214

Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93–109. https://doi.org/https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54

Suryati, D., Salamah, U., & Mustafiyanti, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Pengganti Kurikulum 2013 dalam Dunia Pendidikan. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 142–152. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.774

Uno, H. B. (2018). Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 494–502. https://doi.org/https://doi.org/10.52851/cakrawala.v5i2.142

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya (Merdeka Guru-Siswa, Merdeka Dosen-Mahasiswa, Semua Bahagia). Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel