Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kelas Viii B2 Di Smp Negeri 7 Makassar
Abstract
Keywords
References
Annisa. (2023). Pembelajaran berbasis Projek dalam P5(Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Yrama Widya.
Hasan, S. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Fityan, Gowa dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Mandiri Makassar: Sebuah Studi Multi Kasus. International Journal Of Multicultural and Multireligious Understanding, 2(1), 23–34.
Indonesia, R. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kresna Bina Insan Prima.
Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242–252. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
Moulina, D., Lian, B., & Putra, M. J. (2023). Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 10 Palembang. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 537–543. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v6i2.5892
Mustamin, M., & Zainal, A. Q. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 8–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226
Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Proceeding Umsurabaya, 2(1), 195–203.
Rahmatika, A. I., & Majid, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Siswa SD Al-Madina Wonosobo. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 241–246. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7056
Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18
Rosmiati., Nengsih, R. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaPenerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ElJour: Education and Learning, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214
Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93–109. https://doi.org/https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54
Suryati, D., Salamah, U., & Mustafiyanti, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Pengganti Kurikulum 2013 dalam Dunia Pendidikan. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 142–152. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.774
Uno, H. B. (2018). Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 494–502. https://doi.org/https://doi.org/10.52851/cakrawala.v5i2.142
Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya (Merdeka Guru-Siswa, Merdeka Dosen-Mahasiswa, Semua Bahagia). Elex Media Komputindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.941
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0