Peran Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajran Tematik Di Kelas V SD Islam Athirah Makassar

Muh. Syamil Mukammil, Muhammad Syahrul, Andi Banna

Abstract


Penelitian ini membahas tentang "Peran Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kelas V SD Islam Athirah Makassar" penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik menggunakan tehnik ice breaking pada mata pelajaran Tematik di kelas V SD Islam Athirah Makassar. Untuk mengetahui apakah ada faktor penghambat dan faktor pendukung dalam memberikan ice breaking yang dihadapi guru Tematik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Islam Athirah Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas V yang terdiri dari seorang siswa dan seorang pendidik pengajar mata pelajaran Tematik Kelas V di SD Islam Athirah Makassar. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Islam Athirah Makassar ditemukan bahwa strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan cara mengimplementasikan ice breaking pada saat pembelajaran. bahwa peran ice breaking sangat penting dilakukan oleh guru untuk menyegarkan dan menciptakan kondisi kelas pada saat belajar yang lebih menyenangkan agar siswa kembali termotivasi untuk belajar. Adapun faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dari peserta didik secara internal adalah kurangnya perhatian peserta didik pada saat mengikuti pelajaran, sedangkan secara eksternal disebabkan oleh lingkungan sekolah dan pengaruh terhadap siswa sendiri. Untuk mengatasi hal ini, upaya yang telah dilakukan oleh guru SD Islam Athirah Makassar dengan melakukan kegiatan ice breaking pada saat pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Tematik berguna untuk menyegarkan peserta didik agar peserta didik bisa lebih fokus dan konsentrasi pada pelajaran serta menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam belajar. Sehingga akan memberikan gairah dan semangat pada peserta didik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Keywords


Ice Breaking; Motivasi Belajar; Pelajran Tematik

References


Almanshur, M. D. G. dan F. (2016). Metodologi penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Andi Hanifa BS, Siswa Kelas V SD Islam Athirah Makassar, Wawancara. (2023).

Aryani, S. N. (2019). Peran Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Tematik Di Min I Bantul Yogyakarta.

Malik, A., Purnamasari, P. D., & Syahid, A. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.157

Munif Chatib. (2018). Gurunya Manusia.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sanjaya, A. (2017). Penggunaan Teknik Ice Breaking Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(1), 1. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i1.2769

Sari, A.H. R., Sulistiono, M., & Ertanti, D. W. (2023). Analisis penerapan ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di madrasah ibtidaiyyah. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana prenada Media Groub.

SHEILA MARIA BELGIS PUTRI AFFIZA. (2022). PENGGUNAAN ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PINRANG. ????, 8.5.2017, 2003–2005.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. PT RajaGrafindo Persada.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Syahrul, M., & Martini, M. (2018). Penerapan Pendekatan Konseling Rasional Emotif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Ddi Kab. Pangkep. Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i1.600

Tohirin. (2011). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pers.

Wahyuddin, S.Pd, GR, Wali kelas V SD Islam Athirah Makassar, Wawancara. (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel