Penerapan Metode Wafa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Tahsin Kelas VIII SMPIT Al-Bina Tomoni

Husnun Nabila, Akhmad Syahid, Muh Aidil Sudarmono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Penerapan Metode Wafa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tahsin di Kelas VIII Smpit Al-Bina Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) timur penerapan metode wafa dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tahsin di Kelas VIII Smpit Al-Bina Tomoni Kabupaten Luwu Timur 2) penerapan metode wafa dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Tahsin di kelas VIII smpit al-bina tomoni kabupaten luwu. 3) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode wafa dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Tahsin di kelas VIII SMPIT Al-Bina Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah 58 peserta didik kelas VIII dan guru mata pelajaran Tahsin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode wafa dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Tahsin di kelas VIII smpit al-bina tomoni kabupaten luwu timur. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi langsung dan wawancara yang telah dilakukan, didukung oleh meningkatnya nilai mata pelajaran Tahsin peserta didik.

Keywords


Metode Wafa; Prestasi Belajar; Tahsin

References


Abdullah, S. (2022). Strategi Belajar dan Mengingat Al-Qur’an (Cet.I). Kata Farm Institute.

Ahmad, W. (2020). Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar dan Pembelajar. Education and Learning Journal, 1(1), 82–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.43

Ansari, M. I., Hafiz, A., & Hikmah, N. (2020). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 180–194. https://doi.org/https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.359

Aulia, S., Fadhilah, S. N., Siregar, S. A., Chandra, R. R. (2024). Menerapkan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Maharah Kitabah Dengan Strategi Guided Composition. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(1), 12–20. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i1.886

Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Ournal of Gurutta Education, 2(2), 112–129. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1401

Cikka, H. (2020). Konsep-Konsep Esensial Dari Teori Dan Model Perencanaan Dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.81

Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364

Devia, A., & Sahlani, L. (2022). Implementasi Aplikasi Smart School Al-Wafa Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran PABP Selama Pandemi Covid-19. Islamic Journal of Education, 1(1), 11–25. https://doi.org/https://doi.org/10.54801/ijed.v1i1.3

Hresnawanza, M. H. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 156–166.

Rahmatsyah, R., Sa’diyah, M., & Triwoelandari, R. (2021). Efektivitas Metode Tilawah Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Umar Bin Khattab Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 204–212. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5533

Santiago, D., & Kosasih, A. (2022). Penggunaan Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah. AS-SABIQUN, 4(3), 670–681. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1979

Sari, I. M., & Wirman, A. (2019). Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-qur’an di Sekolah Alam TKIT Ar-Royyan Pegambiran, Padang. Indonesian. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i1.151

Shams, M. A. (2017). Peta Pembelajaran Al-Qur’an. Pustaka Pelajar.

Sudarmono, M. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 162–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v17i2.92

Syahid, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 2(2), 67–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i295




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel