Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Mts Pesantren Darul Istiqamah

Mutahira Mutahira, Mustamin Mustamin, Martini Martini

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Pesantren Darul Istiqamah Katoi Kabupaten Kolaka Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan penerapan model pembelajaran kooperataif tipe The Power Of Two untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Pesantren Darul Istiqamah Katoi Kolaka Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari pertemuan, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 33 orang, tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan presentase dan nilai rata-rata (Mean) baik untuk analisis data lembaran aktivitas peserta didik maupun ketuntasan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two dengan menggunakan II siklus yaitu siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah akhlak kelas VIII di MTs Pesantren Darul Istiqamah Katoi Kolaka Utara tiap siklusnya meningkat, hal ini dapat di lihat dari hasil belajar peserta didik yang di peroleh pada siklus I dan siklus II. Dimana pada siklus I jumlah peserta didik mecapai ketuntasan sebanyak 21 orang dengan perolehan nilai rata-rata yaitu 73,48 berada pada kategori baik dengan presentase sebesar 63,7%, sedangkan pada Siklus II hasil belajar peserta didik meningkatan menjadi 30 peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata 81,36 berada pada kategori sangat baik dengan presentase 90,9%.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two., Akidah Akhlak., Hasil Belajar

References


Akbar, A. A., Syahid, A., & Wahab, A. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Maros. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 32–38. https://doi.org/https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.251

Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v4i1.723

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122–130. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Bunyamin, A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Anak Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Keperawatan SMK Baznas Sul-Sel. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 14–24. https://doi.org/https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.237

Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (1 C.E.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1B(146–157). https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1B.331

Irfan, M. I., & Rohmadi, Y. (2021). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Akidah Akhlak di MI Muhammadiyah Kartasura. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 205–228. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.59

Lisnasari, Srie Faizah., E. a. (2023). Pengembangan Profesi Guru. Media Sains Indonesia.

Mustamin, M., & Zainal, A. Q. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 8–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226

Rahimi, A., Darlis, A., Ammar, S. A., & Daulay, D. A. (2023). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 692–697. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11012

Rosmiati., Nengsih, R. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaPenerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ElJour: Education and Learning, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214

Sholeh, S., & Maryati, M. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 212–217. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.203

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukirman, S., Baiti, M., & Syarnubi, S. (2023). Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(3), 449–466. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v5i3.19409

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Yurmaini, Y., Syakdiah, H., & Thohir, M. (2023). Penerapan Metode The Power Of Two Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Piqih di Mas Al Manar Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7367–7376. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5722




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel