Strategi Pemasaran Usaha Rumah Makan dalam Perspektif Ekonomi Islam di The Fazaa Autentic Makassar

Morisetiawan Juraidin, Muhammad Hasibuddin, Nur Setiawati

Abstract


Sumber informasi dari pemilik dan perwakilan. Prosedur pengumpulan informasi melalui persepsi, pertemuan dan dokumentasi, yang kemudian diselidiki menggunakan strategi pengurangan informasi berarti menyimpulkan, memilih hal-hal yang paling menarik, memusatkan perhatian pada hal-hal penting, mencari topik dan contoh. Akibatnya, peneliti lebih mudah mengumpulkan data, mencarinya jika perlu, dan kemudian menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, strategi pemasaran usaha restoran The Fazaa Authentic Makassar ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. di The Fazaa Legitimate Makassar. Warung Makan The Fazaa Genuine Makassar yang bergerak di bidang kuliner sudah mulai ditata sekitar tahun 2019.
Berdasarkan temuan penelitian yang peneliti lakukan, diketahui bahwa Strategi Pemasaran The Fazaa Authentic Makassar untuk Bisnis Restoran telah memenuhi lima konsep muammalah yaitu jujur, ikhlas, profesional, selalu berhati-hati, dan murah hati. Fazaa Authentic Restaurant menerapkan strategi pemasaran berdasarkan empat P—produk, harga, lokasi, dan promosi—di bagian strategi pemasaran untuk meningkatkan minat pelanggan. Dimana semuanya dilakukan untuk meningkatkan minat pembelanja di The Fazaa Bonafide Makassar Café


Keywords


Strategi, Pemasaran, warung makan, Ekonomi Islam

References


Al- Qut’an Al Karim.

Abdullah Amrin. (Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT Gramedia Indonesia.2017)

Ahmad Ibrahim, Manajemen Syariah, ( Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada), Ed. Ke-1,2018

Angiopora P Marius, Dasar-dasar Pemasaran, (Jakarta : PT. Raja Grafindo, ), Cet. Ke-1,2018

Basu Swastha, Azas-azas marketing, (Yogyakarta : Liberty, 2016)

Bobi Prawinata, Strategi Pemasaran Usaha Rumah Makan Ampera Di Pasar Cik Puan Menurut Tinjauan Ekonomi Islam, Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.

Buchari Alma, Kewirausahawan, (Bandung : Alfabeta, ), Cet. Ke-12, 2018

Bukhari Alma, Kewirausahaan, Bandung : Alfabeta, 2018

Djazuli A, Kaidah- Kaidah Fikih,(Jakarta: Prenada Media Group, 2007)

Djunaidi Ghoni dkk, Metode Penelitian Kualitatif, (Cet, III; Jogjakarta: Ar-Rujj Media, 2016)

Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: STIE TKPN, 2016)

Hermawan, Marketing, (Jakarta : Gramedia, 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v3i2.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mori Setiawan Juraidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats