Implementasi Ta’lim Muta’alaim dalam Perspektif Islam Modernis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asnimar, A., Satria, R., & Rahman, R. (2022). Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al-Zarnuji Pada Kitab Ta’lim Al-Muta’alim. An-Nuha, 2(3), 479–491. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i3.234
Azizah, M., Hasan, M. S., & Syaie, A. N. K. (2024). Ta’lim Muta’allim: Solutions for Forming the Ta’dzim Attitude of Generation Z Students towards Teachers. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 15–28. https://doi.org/10.54437/juw
Choiriyah, U., & Anam, H. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Zarnuji dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 259–268. http://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/410/306
Chusna, N. C., & Tsaniyah, N. (2021). Implemantasi Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Membentuk Etika Berbakti Kepada Orang Tua Di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Dan Mambaul Quran Pringapus Kabupaten Semarang. SALIHA : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 4(1), 37–50. https://doi.org/10.54396/saliha.v4i1.113
Dalimunthe, I. S., & Siregar, M. (2023). Rekontekstualisasi Isi Kandungan Kitab Ta’lim Muta’allim dalam Membentuk Akhlak Belajar Santri di Masa Kini. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 208–219.
Faturrahman, F., Fernadi, M. F., & Apriyani, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Membentuk Karakter Santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan. Journal on Education, 5(4), 17700–17712. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4417
Hidayah, A., Hakim, A., Syahid, A., Raehana, S., & Hasibuddin, M. (2024). Strategi Pendidikan Sekolah Menengah Islam Terpadu Di Tengah Peluang dan Tantangan Globalisasi. 5(1), 40–47.
Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Education and Learning Journal, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.45
Maghfiroh, N. (2021). Studi Komparasi Pemikiran Ulama Badiuzzaman Said Nursi Dan Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda. Al-Madãris, 2(2), 23–39. https://doi.org/10.47887/amd.v2i2.29
Marauleng, A., Hakim, A., Hasan, S., & Hasibuddin, M. (2024). Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa. Education and Learning Journal, 5(1), 33–47. https://doi.org/10.33096/eljour.v5i1.875
Marlina, M., Suhartono, S., Hasan, S., & Ikhsanudin, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Pembentukan Sikap Tawadhu’Siswa MA Nurul Huda. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 66–74. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1101
Misbachudin, A. (2020). Implementasi Isi Kandungan Kitab Ta’lim Al-Muta’alim Dalam Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Al-As’ariyyah Kalibeber Wonosobo [Universitas Islam Indonesia Yogyakarta]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29329
Mushofa, M. (2023). Kandungan Kitab Ta’lim Muta’alim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.355
Purbajati, H. I. (2019). Relevansi Kitab Ta’lim Muta’allim dengan Pendidikan Masa Kini (Tinjauan Faktor-faktor Pendidikan). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–32. https://ejournal.stib.ac.id/index.php/mnq/article/view/7
Roziqin, M. K., & Hasbullah, I. W. (2022). Implementasi Pembelajaran Ta’Lim Al-Muta’Allim Dalam Membina Akhlak Santri Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Jurnal Education and Development, 11(1), 121–127. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4302
Sa’diyah, S. M., Maskunatin, M., Junaidi, M., & Tamaji, S. T. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al Muta’alim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Era 5.0. MURID, 1(1), 26–32. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/JM/article/view/5474
Setiyono, M. R., Rohimah, S., & Fatimah, M. (2023). Penerapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim terhadap pembentukan nilai –nilai akhlak santri Pondok Pesantren Darul Hijroh Sukoharjo. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 557–569. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.305
Shilviana, K. F. (2020). Pemikiran Imam Al-Zarnuji Tentang Pendidikan dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 50–60.
Sudirman, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’alim Dalam Membentuk Karakter Murid Di MTS Arriyad Desa Sukamurni. Turabian : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.33558/turabian.v1i1.7948
Widodo, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kitab Ta’limul Muta’alim Pada Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah [IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1535/
Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.135
Zaitun, Z. (2019). Implementasi Pembelajaran Kitab Ta‘Lim Al-Muta‘Allim Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo. Paedagogia, 8(2), 33–50. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol8.Iss2.42
Zamhari, M., & Masamah, U. (2017). Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’Lim Al-Muta’Allim Terhadap Dunia Pendidikan Modern. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 421. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1724
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i2.1089
Refbacks
Copyright (c) 2024 Fina Ledyana, Budi Haryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN : 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats