Implementasi Talim Mutaalaim dalam Perspektif Islam Modernis

Fina Ledyana, Budi Haryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konsep Talim Mutaalaim diimplementasikan di Ponpes Islam Modern di PERSIS Bangil dalam perspektif Islam modernis. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif dengan pengajar dan kepala ponpes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Talim Mutaalaim dipahami sebagai pendekatan holistik yang menggabungkan pengembangan intelektual dan spiritual dengan nilai-nilai seperti integritas, kejujuran, tanggung jawab, dan rasa hormat. Tantangan utama dalam penerapan konsep ini adalah menyesuaikan metode pengajaran tradisional dengan teknologi modern. Langkah-langkah implementasi mencakup pelatihan pengajar, revisi kurikulum, dan pengembangan program-program pendukung. Meskipun ada tantangan seperti mengubah pola pikir lama dan keterbatasan sumber daya, peluang besar terletak pada penggunaan teknologi untuk memperkaya pembelajaran. Dengan evaluasi dan penyesuaian berkelanjutan, konsep ini diharapkan dapat membentuk santri yang cerdas secara akademis serta kuat secara moral dan spiritual. Penelitian ini menyarankan untuk memperkuat pelatihan pengajar, meningkatkan fasilitas teknologi, menjalin kerja sama eksternal, dan melakukan evaluasi berkelanjutan agar konsep tetap relevan dengan perkembangan zaman

Keywords



Full Text:

PDF

References


Asnimar, A., Satria, R., & Rahman, R. (2022). Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al-Zarnuji Pada Kitab Talim Al-Mutaalim. An-Nuha, 2(3), 479491. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i3.234

Azizah, M., Hasan, M. S., & Syaie, A. N. K. (2024). Talim Mutaallim: Solutions for Forming the Tadzim Attitude of Generation Z Students towards Teachers. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 1528. https://doi.org/10.54437/juw

Choiriyah, U., & Anam, H. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Imam Al-Zarnuji dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Era Modern. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 259268. http://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/410/306

Chusna, N. C., & Tsaniyah, N. (2021). Implemantasi Kitab Talim Mutaallim Dalam Membentuk Etika Berbakti Kepada Orang Tua Di Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimin Dan Mambaul Quran Pringapus Kabupaten Semarang. SALIHA : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 4(1), 3750. https://doi.org/10.54396/saliha.v4i1.113

Dalimunthe, I. S., & Siregar, M. (2023). Rekontekstualisasi Isi Kandungan Kitab Talim Mutaallim dalam Membentuk Akhlak Belajar Santri di Masa Kini. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 208219.

Faturrahman, F., Fernadi, M. F., & Apriyani, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Kitab Talimul Mutaallim Dalam Membentuk Karakter Santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan. Journal on Education, 5(4), 1770017712. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4417

Hidayah, A., Hakim, A., Syahid, A., Raehana, S., & Hasibuddin, M. (2024). Strategi Pendidikan Sekolah Menengah Islam Terpadu Di Tengah Peluang dan Tantangan Globalisasi. 5(1), 4047.

Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Education and Learning Journal, 1(1), 4049. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.45

Maghfiroh, N. (2021). Studi Komparasi Pemikiran Ulama Badiuzzaman Said Nursi Dan Kitab Talim Mutaalim Terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda. Al-Madris, 2(2), 2339. https://doi.org/10.47887/amd.v2i2.29

Marauleng, A., Hakim, A., Hasan, S., & Hasibuddin, M. (2024). Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa. Education and Learning Journal, 5(1), 3347. https://doi.org/10.33096/eljour.v5i1.875

Marlina, M., Suhartono, S., Hasan, S., & Ikhsanudin, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kitab Talim Mutaalim Terhadap Pembentukan Sikap TawadhuSiswa MA Nurul Huda. Al-Itibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 6674. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1101

Misbachudin, A. (2020). Implementasi Isi Kandungan Kitab Talim Al-Mutaalim Dalam Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Al-Asariyyah Kalibeber Wonosobo [Universitas Islam Indonesia Yogyakarta]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29329

Mushofa, M. (2023). Kandungan Kitab Talim Mutaalim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 2233. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.355

Purbajati, H. I. (2019). Relevansi Kitab Talim Mutaallim dengan Pendidikan Masa Kini (Tinjauan Faktor-faktor Pendidikan). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 132. https://ejournal.stib.ac.id/index.php/mnq/article/view/7

Roziqin, M. K., & Hasbullah, I. W. (2022). Implementasi Pembelajaran TaLim Al-MutaAllim Dalam Membina Akhlak Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Jurnal Education and Development, 11(1), 121127. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4302

Sadiyah, S. M., Maskunatin, M., Junaidi, M., & Tamaji, S. T. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Talim Al Mutaalim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Era 5.0. MURID, 1(1), 2632. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/JM/article/view/5474

Setiyono, M. R., Rohimah, S., & Fatimah, M. (2023). Penerapan pembelajaran kitab Talimul Mutaallim terhadap pembentukan nilai nilai akhlak santri Pondok Pesantren Darul Hijroh Sukoharjo. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 557569. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.305

Shilviana, K. F. (2020). Pemikiran Imam Al-Zarnuji Tentang Pendidikan dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern. At-Tadib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 5060.

Sudirman, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Kitab Talim Al-Mutaalim Dalam Membentuk Karakter Murid Di MTS Arriyad Desa Sukamurni. Turabian : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 113. https://doi.org/10.33558/turabian.v1i1.7948

Widodo, S. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kitab Talimul Mutaalim Pada Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darusy Syafaah Kotagajah Lampung Tengah [IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1535/

Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Talim Al-Mutaallim. Education and Learning Journal, 2(2), 126. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.135

Zaitun, Z. (2019). Implementasi Pembelajaran Kitab TaLim Al-MutaAllim Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo. Paedagogia, 8(2), 3350. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol8.Iss2.42

Zamhari, M., & Masamah, U. (2017). Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Kitab TaLim Al-MutaAllim Terhadap Dunia Pendidikan Modern. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 421. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1724




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i2.1089

Refbacks



Copyright (c) 2024 Fina Ledyana, Budi Haryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

      

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats