Penerapan Model Pembelajaran Mandiri dengan menggunakan jenis Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Subaedah Subaedah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kabupaten Takalar, bertujuan untuk mengetahui peningkatan Motivasi belajar siswa pada kelas XI.B dengan menerapkan model pembelajaran Mandiri jenis Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual (SAVI) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.  Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dimana satu siklus terdiri dari 4 fase yaitu penyusunan, kegiatan, persepsi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI B SMAN 10 Kabupaten Takalar dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan melalui pendekatan subjektif dan kuantitatif dengan menggunakan pemahaman yang berbeda. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI B siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran mandiri jenis SAVI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada siklus pertama hasil belajar siswa kelas XI B sebesar 70%, yang berarti pada siklus pertama, hasil belajar siswa kelas XI B masih tergolong sedang. Pada siklus kedua, hasil belajar siswa mengalami meningkat 17% menjadi 87% yang berarti bahwa hasil belajar siswa telah mencapai nilai yang paling tinggi. Hal ini disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mandiri jenis Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual (SAVI) memberikan pengaruh pada peningkatan motivasi belajar siswa XI.B di SMAN Kabupaten Takalar dengan adanya kecendrungan ingin sukses, adanya dorongan untuk terus belajar, dan dukungan iklim belajar yang baik sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Keywords


Pembelajaran Mandiri; Motivasi Belajar; Pembelajaran Savi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1964

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Basyir, M. S., Dinana, A., & Devi, A. D. (2022). Kontribusi teori belajar kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.12

Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida, H. (2021). Kreativitas guru dalam memanfaatkan media berbasis IT ditinjau dari gaya belajar siswa. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/article/view/1039

Fernialdi, Fitri, A., & Anggraini, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Tipe MASTER Siswa Kelas VIII SMP N 22 Merangin. Mat-Edukasia; Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 4–5.

Handayani, M., & Wathon, A. (2022). Model Pembelajaran Case Method Berbasis Kontekstual Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 90–110. https://oj.lapamu.com/index.php/mpi/article/view/265

Hutajulu, C. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Mandiri Pada Permainan Pianika Kelas XI Di SMA Santo Antonius Bangun Mulia Medan. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45661/

Masfufah, M., Badriyah, L., Anggrain, N., Ahmad, L. J., & Al Asror, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Audiotory, Visualisation, Intelectually (Savi) dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(01), 47–65. https://www.ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/absorbent_mind/article/view/3639

Mulia, E., Aprison, W., Zakir, S., & Sesmiarni, Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Tipe Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap Kemandirian dan Minat Belajar Santri pada Pembelajaran Fiqh Kelas VIII di MTsS PPMTI Bayur. Journal on Education, 05(02), 6001–6011.

Nisa, Z., Azzahra, R. T., & Khotimah, S. K. (2023). Studi Analisis: Teori Pemrosesan Informasi dalam Pembelajaran PAI Berbasis HOTS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 541–553. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.525

Nurussilmah, R., Santi, V. M., & Aziz, T. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematika Siswa SMK. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 26–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.04

Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85–92. https://doi.org/10.55115/purwadita.v3i2.367

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278–288. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/800

Sari, I. K. (2021). Blended learning sebagai alternatif model pembelajaran inovatif di masa post-pandemi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1137

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 665–672. http://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/458

Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163–3172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068

Wibowo, A. T., Nuvitalia, D., & Wakhyudin, H. (2023). Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Sendangmulyo 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3878–3890. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1227

Yudha, R. I. (2020). Pengaruh Dukungan Orang Tua, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.30653/003.202061.105




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i2.1108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Subaedah Amir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats

bo togel terpercaya

situs togel
slot gacor

toto togel

link sbobet

situs toto

slot777

ovjtoto link alternatif

situs toto

slot 4d

agen situs judi bola

https://loginagen228.com

nextogel

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

JEPETOGEL

JEPETOGEL

JEPETOGEL

JEPETOGEL

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

situs toto situs toto