Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Matematika Ideal Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adijaya, N. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931
Annur, M. F. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356, 195–201.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii, 51. https://apjii.or.id/survei2018s/download/TK5oJYBSyd8iqHA2eCh4FsGELm3ubj
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6, 100091. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21, 2, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799
Gravemeijer, K. (2011). How concrete is concrete? Journal on Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.22342/jme.2.1.780.1-14
Hamidah, & Nurmatin, S. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Edmodo. AL-ABHATS : Islamic and Humanities Research, 01(01), 1–6.
Haryadi, R., Ciwaru, J., No, R., Serang, K., & Serang, K. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. 05(01), 533–541.
Iis, H. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/255/199
Kučírková, L., Kučera, P., & Vydrová, H. V. (2012). Study results and questionnaire survey of students in the lessons of business english E-learning course in comparison with face-to-face teaching. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 5(3), 173–184. https://doi.org/10.7160/eriesj.2012.050306
Kurniasari, A. dkk. (2020). Pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta 2013. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 2(1), 13. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.21
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Napfiah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Aplikasi Daring pada Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 12–20. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.459
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Rahmawati, F., Wisudawati, S. Y., Khulasoh, H. U., & Kurnia, A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika di SMAN 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. 9(1), 23–33.
Ramadhan, R., Chaeruman, U. A., & Kustandi, C. (2018). Jurnal Pembelajaran Inovatif Pengembangan Pembelajaran Bauran ( Blended Learning ) di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 37–48. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/5935
Riadi, S., Normelani, E. N., Efendi, M., Safitri, I., & Firza Ismi Tsabita, G. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(2), 219. https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i2.2151
Rosita, E., Erihadiana, M., Rochman, C., & Mansyur, A. S. (2020). Kompetensi profesional dan karakteristik guru pada masa pandemik. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 314. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i2.3124
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2019). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI MAGUWOHARJO 1 YOGYAKARTA. Jurnal Pendidika Pionir, 8(2), 121–139. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/6232
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Villafañe, S. M., Bailey, C. P., Loertscher, J., Minderhout, V., & Lewis, J. E. (2011). Development and analysis of an instrument to assess student understanding of foundational concepts before biochemistry coursework. Biochemistry and Molecular Biology Education, 39(2), 102–109. https://doi.org/10.1002/bmb.20464
Yuniarti, R., & Hartati, W. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan E-learning pada Masa Darurat Covid-19. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 158–167. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/377/326
Zhou, L., Li, F., Wu, S., & Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as An Example. Best Evid Chin Edu 2020; 4(2):501-519., 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.15354/bece.20.ar023.Keywords
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Bertu Rianto Takaendengan, Asriadi Asriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0