Efektivitas Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika

Santi Santi, Akhmad Syahid, Martini Martini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memuat materi eksploratif untuk siswa kelas V SD Negeri 9 Sape dan sarana untuk menentukan kecukupan perolehan ilmu pengetahuan dengan menggunakan bahan peraga yang dihasilkan dari bahan-bahan bekas. Sebelum menggunakan barang bekas sebagai alat pembelajaran, skor rata-rata tes keterampilan pertama adalah 64, dengan ketuntasan 45%. Pada Siklus I nilai rata-rata adalah 73 dengan ketuntasan 54%. Pada Matematika Siklus II rata-rata jumlah barang bekas yang digunakan sebagai alat peraga sebanyak 84 buah dan ketuntasan belajar sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik. Standar keefektifan 80% dipenuhi oleh persentase rata-rata prestasi belajar siswa pada setiap indikator. Karena nilai siswa mencapai KKM, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan barang bekas sebagai bahan pembelajaran di kelas V jurusan matematika di SD Negeri 9 Sape sangat efektif.


Keywords


Pembelajaran Matematika; Media Pembelajaran; Media Barang Bekas.

Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid, Ahmad Syahid, Mirnawati. (2022). Upaya Pemanfaatan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Ibtidai’Y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 40–47. https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.vol3.iss1.37

Atno Firnando. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Penerapan Pendidikan Bermutu, 4.

Desimarlina, Y., Juniati, N., & Ajizah, E. (2021). Media Pembelajaran IPA Biologi pada Materi Virus di SMA Muhammadiyah MataramPemanfaatan Barang Bekas Sebagai. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655

Fauzi Fahmi, Nirwana Anas, Rahmi Wardah Ningsih, Rabiatul Khairiah, & Winarli Hendi Permana. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Fauziyah, R. (2018). Pemanfaatan Kardus Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memperkenalkan Tempat Ibadah Pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 126–133. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10506

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.

Hutahuruk, Y. (2021). Bab 1: Pendahuluan. Profil Kesehatan Kab.Semarang, 41, 1–9.

Jaya, J. (2019). Jurnal Penelitian Tolis Ilmiah. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Karim, B. A., & Ansar, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Education and Learning Journal, 3(1), 19. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.136

Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. http://efektor.unpkediri.ac.id

Masjid, A. Al, Wardani, K., & Marwanti, E. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika – Cakimukapati (Cara Kilat Temukan Akar Pangkat Tiga). Abdimas Dewantara, 2(2), 142. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.3106

Mathematics, A. (2016). Title済無No Title No Title No. 13, 1–23.

Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id

Netriwati, & Lena, mai S. (2022). Media Pembelajaran Matematika SMP. May, 340. https://www.researchgate.net/profile/Netriwati-Netriwati/publication/332935226_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac5c/MEDIA-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA.pdf

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Sinambela, P. N. J. M. (2008). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Jurnal Generasi Kampus, 1(2), 74–85.

Suwandi, P. S., & Pd, M. (2013). Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) Penelitian Tindakan Kelas Oleh : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113 UNIVERSITAS Sebelas Maret Surakarta A . Ihwal Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta PT. Aneka Karya, 17.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

        

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats