Efektivitas Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memuat materi eksploratif untuk siswa kelas V SD Negeri 9 Sape dan sarana untuk menentukan kecukupan perolehan ilmu pengetahuan dengan menggunakan bahan peraga yang dihasilkan dari bahan-bahan bekas. Sebelum menggunakan barang bekas sebagai alat pembelajaran, skor rata-rata tes keterampilan pertama adalah 64, dengan ketuntasan 45%. Pada Siklus I nilai rata-rata adalah 73 dengan ketuntasan 54%. Pada Matematika Siklus II rata-rata jumlah barang bekas yang digunakan sebagai alat peraga sebanyak 84 buah dan ketuntasan belajar sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik. Standar keefektifan 80% dipenuhi oleh persentase rata-rata prestasi belajar siswa pada setiap indikator. Karena nilai siswa mencapai KKM, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan barang bekas sebagai bahan pembelajaran di kelas V jurusan matematika di SD Negeri 9 Sape sangat efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Hamid, Ahmad Syahid, Mirnawati. (2022). Upaya Pemanfaatan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Ibtidai’Y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 40–47. https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.vol3.iss1.37
Atno Firnando. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Penerapan Pendidikan Bermutu, 4.
Desimarlina, Y., Juniati, N., & Ajizah, E. (2021). Media Pembelajaran IPA Biologi pada Materi Virus di SMA Muhammadiyah MataramPemanfaatan Barang Bekas Sebagai. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655
Fauzi Fahmi, Nirwana Anas, Rahmi Wardah Ningsih, Rabiatul Khairiah, & Winarli Hendi Permana. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17
Fauziyah, R. (2018). Pemanfaatan Kardus Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memperkenalkan Tempat Ibadah Pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 126–133. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10506
Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.
Hutahuruk, Y. (2021). Bab 1: Pendahuluan. Profil Kesehatan Kab.Semarang, 41, 1–9.
Jaya, J. (2019). Jurnal Penelitian Tolis Ilmiah. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
Karim, B. A., & Ansar, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Education and Learning Journal, 3(1), 19. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.136
Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. http://efektor.unpkediri.ac.id
Masjid, A. Al, Wardani, K., & Marwanti, E. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika – Cakimukapati (Cara Kilat Temukan Akar Pangkat Tiga). Abdimas Dewantara, 2(2), 142. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.3106
Mathematics, A. (2016). Title済無No Title No Title No. 13, 1–23.
Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id
Netriwati, & Lena, mai S. (2022). Media Pembelajaran Matematika SMP. May, 340. https://www.researchgate.net/profile/Netriwati-Netriwati/publication/332935226_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac5c/MEDIA-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA.pdf
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sinambela, P. N. J. M. (2008). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Jurnal Generasi Kampus, 1(2), 74–85.
Suwandi, P. S., & Pd, M. (2013). Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) Penelitian Tindakan Kelas Oleh : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113 UNIVERSITAS Sebelas Maret Surakarta A . Ihwal Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta PT. Aneka Karya, 17.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN : 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats