Efektivitas Teknik Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Siti Nurazizah Sahar Putri, Mustamin Mustamin, Muhammad Hasibuddin

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kombinasi (mixed method). Penelitian ini dilakukan di UPT SMPN 4 Pinrang dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa kelas VIII 2. Metode pengumpulan data menggunaakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis deskriptif presentase, analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan saat observasi langsung. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Efektivitas teknik ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 4 Pinrang dikategorikan efektif. Hal ini dibuktikan dengan rekapitulasi angket untuk mengukur keefektifan teknik ice breaking terhadap motivasi belajar mencapai 83,2%. Maka teknik ice breaking tersebut dapat dikatakan efektif sesuai dengan tabel kriteria efektif karena mencapai frekuensi 81%-100%. 2) Faktor pendukung dan penghambat Efektivitas teknik ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 4 Pinrang yaitu, faktor pendukung berupa semangat dan minat belajar, kekreatifan guru dan lingkungan belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dan keadaan fisik dan psikis peserta didik.


Keywords


Teknik Ice Breaking; Motivasi Belajar; Minat Belajar; Lingkungan Belajar.

Full Text:

PDF

References


Biantoro, O. F., Ruwandi, & Muhammad Munif. (2022). Efektivitas Penggunaan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Ilmu Tauhid. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2).

Dahwadin, & Farhan Sifa Nugraha. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . CV. Mangku Bumi Media.

Hapsari Sri, et. A. (2023). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Global Eksekutif Teknologi.

Hernawati. et.all. (2023). Motivasi Dalam Pendidikan. Pt Literasi Nusantara Abadi Grup.

Khoerunisa, T., & Amiruddin. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiq Kedawung Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Kurniawan, A. et. all. (2022). Model Pembelajaran Inovatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Republik Indonesia. (2018). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bening.

Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran . Prenada Media.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sukmajadi, & Elva Simanjuntak. (2021). Powerful Ice Breaking. Samudra Biru.

Sunarto. (2019). Icebreaker Dalam Pembelajaran Aktif. Cakrawala Media.

Supriadi. (2020). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Evaluasi. Nasya Expanding Management.

Tias, T. (2021). Variasi Permainan Pembelajaran, Metode dan Ice breaking . Guepedia.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Nurazizah Sahar Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats