Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Akhmad Syahid, Syamsul Bachri

Abstract


Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi satu sama lain adalah model pembelajaran kooperatif tipe word square. Model pembelajaran tipe ini adalah peserta didik bekerja sama dalam kelompok kecil dan saling membantu dalam belajar dapat memotivasi peserta didik, memanfaatkan seluruh energi sosial peserta didik, saling mengambil tanggung jawab. Model pembelajaran tipe word square membantu peserta didik belajar menemukan topik-topik materi pelajaran sesuai dengan konten dan keadaan peserta didik dalam lingkungan mereka. Menemukan kata-kata yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan selama pembelajaran.

Keywords


pembelajaran; kerjasama; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. Mulyono. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Renika Cipta, 2003.

Arikunto. Suharsimi. Prosedur Penelitian Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta, 2006.

B. Uno. Hamzah. Teori Motivasi  Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Elfanany. Burhan. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska, 2013.

http://tulis.uinjkt.ac.id/opac/themes/katalog/detail.jsp?id=107883&lokasi=lokal, diakses pada tanggal 31 januari 2013.

http://skripsiekawijana.blogspot.com/2011/09/penerapan-model-belajar-word- square.html. di akses tanggal 28 September 2011.

Gunawan Heri. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta, 2012.

Hamalik Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Haling Abdul. I: Badan Penerbit UNM. 2007.

Huda Miftahul. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Bunyamin. Psikologi Belajar. Paket 1. Surabaya: LAPIS PGMI, 2009.

Majid Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung Rosda Karya, 2012.

Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya, 2007

Nurdin. Syarifuddin. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Quantum Teaching, 2005.

Prasetyo Bambang. Miftahul Lina. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: 2012.

Rusman. Belajsar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta, 2012.

_______,Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Sabri Ahmad. Strategi Belajar Mengasjar Micro Teaching




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Akhmad Syahid, Syamsul Bachri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats