Aplikasi Strategi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Subaedah Subaedah

Abstract


Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran  yang diterapkan di MAN 03 Daya Makassar, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto bertujuan untuk mengetahui dan melihat pengaruh yang ditimbulkan dalam aplikasi strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel karena manifestasinya sudah terjadi, atau dapat dikatakan bahwa variabel-variabel dalam penelitian tidak dapat dimanipulasi. Pengambilan data awal lewat observasi dan survey, variabel terikat ditentukan lebih dulu serta uji validasi lewat triangulasi. Instrumen penelitian: obeservasi, wawancara, angket dan dokumetasi. Analisis data menggunakan kriteria yang diindikatorkan menerima dan menolak H0 Hasil penelitian dengan apabila t hitung lebih kecil atau sama dengan t tabel maka H0 diterima (thit ttbl = H0 diterima) pada taraf signifikansi α = 0.05 dan derajad bebas (db) = . Hasil penelitian menunjukan pretest kemampuan siswa pada K.E dan K.K hampir sama. Perbedaan ada pada nilai rerata kelas dan nilai maksimum sebesar 0.06.. Nilai rerata pretest pada kelas eksperimen sebesar 9.50 dan pada kelas kontrol sebesar 9.44. Nilai maksimum pada kelas eksperimen sebesar 14 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 15. Perbedaan hanya sebesar 1 angka. Adapun nilai yang sama adalah nilai median sebesar 10, nilai mode sebesar 10, dan nilai minimum sebesar 6. Pada postest terjadi perbedaan rerata, median, mode, minimum, dan maksimum pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rerata postest sebesar 16.55 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 19.04. Perbedaan rerata sebesar 2.49. Nilai median kelas eksperimen sebesar 17 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 20. Perbedaaan mediannya sebesar 3 angka. Nilai mode pada kelas eksperimen sebesar 18 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20. Perbedaan modenya sebesar 2 angka. Nilai minimum pada kelas eksperimen sebesar 11 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 13. Perbedaan nilai minimumnya sebesar 2 angka. Nilai maksimum pada kelas eksperimen sebesar 22 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 23. Perbedaan nilai maksimumnya sebesar 1 angka.

Keywords


Aplikasi; Strategi Pembelajaran; Pengaruh; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abu Muhammad Ibnu, Prestasi Belajar, dalam http://spesialis-torch.com/ diakses tanggal 22 April 2014.

Ahmadi, Abu dan Joko Triprasetyo, Stategi Belajar Mengajar, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Cet. XXI; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015.

Ary, Donal., Luchu Cheser Jacobs, dan Asghar Rasavieh. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan terj. H. Arief Furchan, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Denzin, Norman K., & Yvonna S.Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research, terj. Dariyatno, Badrus Samsul Fata, dan Jhon Rinaldi, Handbook of Qualitative research, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Dimyati dan Mudjono, Belajar dan Pembelajaran, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Djamarah, Saiful Bahri, Psikologi Belajar, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

---------, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Cet.VI; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016

Efendi, Agus, Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ, & Successful Intelligence atas IQ, Bandung: Alfabeta, 20

Gintings, Abdorrakhman Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen, Cet. II; Bandung: Humaniora, 2015.

Hadi, Sutrisno, Statistik, Jilid VII; Yogyakarta: Andi Offset, 2015.

Malik, Ny. R. dkk., Jenis Alat Peraga/Alat Permainan dan Teknik Penggunaanya, Jakarta: Penerbit Kasturi, 1986.

Margono, S., Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. cet. V; Jakarta: Logos, 2015.

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rekersarasin, 2015.

Muhaimin. Rekontruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

---------, et al., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Bab IV, Pasal 19

Poerwanto, M. Ngalim., Psikologi Pendidikan, Cet. V, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2015

Rahman, Abd., Pengelolaan Pengajaran, Cet. III; Ujung pandang: Bintang selatan, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Subaedah Subaedah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats