Pengembangan Model Pembinaan Tahsin Qira’ah Al-Qur’an Berbasis Paikem Pada Mahasiswa

Nuraeni Abdullah

Abstract


Bertitik  tolak  dari masalah  masih banyaknya  mahasiswa  baru Fakultas  Agama Islam Universitas Muslim Indonesia   yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan  fasih  dan  tartil,  maka  penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan model pembinan tahsin qira’ah al-Qur’an berbasis PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) yang dilakukan  melalui lima fase:   (1) fase preliminary  investigation (investigasi awal), (2) fase design (desain), (3) fase realization/construction (realisasi/konstruksi),  (4) fase test, evaluation & revision (tes, evaluasi & revisi), dan (5) fase implementation (implementasi). Penelitian  ini  dilakukan  di  Fakultas  Agama  Islam,  dan  yang  menjadi  subyek penelitian adalah para Pembinan dalam Pelatihan berjumlah lima orang, dan obyeknya adalah mahasiswa peserta pelatihan berjumlah tiga puluh   orang. Pembinaan  dilakukan  dalam  bentuk  pelatihan  yang  dilakukan  sebanyak  enam belas  kali  pertemuan.  Pertemuan  pertama  dilakukan  free-test,  penyajian  materi dasar-dasar ilmu tajwid sebanyak empat   kali pertemuan; prakikum sebanyak sepuluh kali pertemuan; dan pertemuan terakhir dilakukan pos-test. Metode pengumpulan data adalah melalui tes praktikum membaca al-Qur’an terhadap semua peserta, wawancara dengan perwakilan mahasiswa dan hasil observasi dari pembina. Hasil   penelitian menunjukkan   bahwa penerapan   model pembinaan   tahsin qiraah  al-Quran berbasis PAIKEM pada mahasiswa FAI-UMI sangat efektif  berdasarkan  peningkatan  kualitas bacaan  al-Qur’an  mahasiswa  antara hasil free test dengan hasil pos test, dan juga  hasil observasi Tim Peneliti dan Pembina pada saat peroses pelatihan berlngsung. Penelitian ini melahirkan sebuah modul pembinaan  tahsin qira’ah al-Qur’an yang dapat bermanfaat sebagai pedoman bagi pembina   tahsin qira’ah dan atau guru TPA, dan juga para  mahasiswa  dan  atau  santri  TPA  sebagai  media  pembelajaran  tahsin  qira’ah  al- Qur’an.

Keywords


Model; Tahsin al-Qiraah; Qira’ah al-Qur’an; PAIKEM

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an al-Karim

Adhim, Said Abdul , Nikmatnya Membaca Al-Qur’an. Solo: Anggota SPI,2009

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014

Asy’ary, Abdullah, Pelajaran Tajwid, Surabaya: Apollo Lestari

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional

Emzir, Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data, Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010

Hartono. Dkk, PAIKEM, (Jogjakarta : Zanafa Publising, 2012

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah AR-RAFI’ Jakarta: PT.Kamal Jaya Ilmu, 2016.

Kemerintah RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang

Sistem Pendidikan Nasional, Cet. I; Jakarta: CV. Novindo Pustaka Mandiri, 2009

Maftu, Hajar, Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran di Madrasah Ibtida’iyah Terpadu Bakti Ibu Madiun Skripsi IAIN Walisongo Semarang, 2009

Masruri, ahmad yusuf. Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur’an. Cet. VII; Surabaya: Lembaga Ummi Fundation, 2013

Pemerintah RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. I; Jakarta: CV. Novindo Pustaka Mandiri, 2009

Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar,Jakarta: Sinar Grafika Offiset, 2006

Taringan, Henry Guntur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, percetakan Angakasa, 2008

Triono, Eko Agus, Pengaruh Penerapan Model Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sidoarjo”. Skripsi IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2009

Wahyudi, Muh, Ilmu Tajwid Plus, Surabaya, Halim Jaya, 2007

Zuhdi, Masjfuk, Pengantar Ulumul Qur’an, Surabaya: Karya Abditama,1997

Uno, Hamzah, dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nuraeni Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats