Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran
Abstract
Tuntunan agama Islam pada khususnya, sejak awal penyebarannya di dunia ini telah mengajak dan mendorong umat manusia agar bekerja keras mencari kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagian di akhirat, Antara etos kerja untuk duniawi dan ukhrawi tidak boleh di pisahkan, melainkan menjadi etos kerja yang terintegrasikan satu sama lain dan saling berkaitan secara kontinyu, termasuk etos ilmiah mendorong ke arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta sumber motivasi dari al-Qur’an. Berfikir tentang fenomena ciptataan Allah swt. dan Pendidikan Islam tugas pokoknya menelaah dan menganalisa serta mengembangkan pemikiran, informasi, dan fakta-fakta kependidikan dibangun dengan nilai- nilai ajaran Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
al-Nahlawi, Abdurrahman, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa asalbuha fi al-Bayt wa al-Madrasah wa al-Mujtama`,( Damascus : Daar al Fikr, 1979.
al-Syaibani Umar Muhammad al-Taumiy, Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung, Cet. I,( Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Aly Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, (Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Arifin, M., Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Cet. V; Jakarta : Bumi Aksara, 2000.
Blink Guna Darma “LCD Proyektor” http://www.setoart.co.cc/2019/1/lcd-proyektor.html,15/1/2019.
Bisri, Adib & Munawwir A. Fatah, Kamus Al-Bisri : Indonesia Arab –Arab Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresif, 1999
Daradjat, Zakiyah, dkk, Metode Pengajaran Agama Islam, ( Bandung : Bumi Aksara, 1996
, et.al, Ilmu Pendidikan Islam, (Cet. III; Jakarta: Bumi Akrasa kerjasama dengan Depag, 1996
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 1992.
Feisal, Jusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam, (Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Cet.5, Jakarta: Erlangga, 1990
Mardapi, Djemari, Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes, (Yogyakarta: Mitra Cendikia Prss, 2008),h. 148
Miyarso, Yusufhadi, , dkk, Teknologi Komunikasi Pendidikan, ( Jakarta: Dajawali, 1986
Mustafa, Ahmad, Tafsir al –Maraghi, jilid V ( Baerut : Daar al-Fikr, tth
Muhammad Ali al-Shaibuni, Shafwa al-Tafasir; Tafsir al-Quran al-Karim, jilid II, Bairut : Daar al-Fikr, 1996.
Nuh Abd bin dkk, Kamus Indonesia- Arab dan Arab-Indonesia,( Jakarta:Bentara Antar Asia, 1991
Rahardjo, M.Dawan, Ensiklopedi Al-Qur’an: tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci, Cet. II., Jakarta: Paramadina, 2002.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 1990.
Rasyad, Aminuddin dan. Darhim, Media Pengajaran, Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta, 1997
Sadiman, S.,R. Rahardjo, Hanung Haryono, Rahardjito, Media Pendidikan, Pustekom Dikbud, Jakarta, 1984.
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Qur’an al-Karim; Tafsir Surat-surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu, (Bandung: Pustaka Hidaya, 1997.
Sudjarwo S, Teknologi Pendidikan, ( Bandung : Angkasa, 1996
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ahmad Wakka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN : 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0