Memahami Karakteristik Berliterasi Peserta Didik Di Sekolah
Abd Rahim Mansyur
Abstract
Pendidikan dibangun dengan pencerahan keaksaraan sebagai pilar dasar kompetensi yang paling dini dibutuhkan peserta didik. Saat ini, upaya pendidikan keaksaraan untuk meningkatkan keterbacaan peserta didik gencar dilakukan melalui literasi yang dicanangkan oleh pemerintah melalui pendidikan formal. Konsep pendidikan literasi berorientasi meningkatkan minat baca peserta didik. Konsep pendidikan ini terkoneksi dengan Gerakan Literasi Sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah. Seluruh ekosistem pendidikan harus memiliki pemahaman tentang literasi untuk memaksimalkan pelaksanaannya pada jenjang pendidikan masing-masing. Pelaksanaan pendidikan literasi peserta didik di sekolah mengimplementasikan tiga tahapan untuk menjamin keberlangsungan pendidikan literasi di sekolah, yaitu; melakukan pembiasaan, melakukan pengembangan, dan kesinambungan proses pembelajaran keaksaraan. Tahapan pembiasan, pengembangan, dan pembelajaran dilakukan dengan intensitas pelaksanaan secara berulang ditunjang medium bacaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pelaksanaan pendidikan literasi di sekolah.
Aisyah, Siti, dkk. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dirjendikdasmen. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjendikdasmen.
Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kalida, Muhsin dan Mursyid, Moh. 2014. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri, Cet.1. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.
Lipton, Laura dan Hubble, Debora. 2016. Sekolah Literasi, Perencanaan dan Pembinaan, cet. I. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Wiedarti, Pangesti dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, diakses pada 7 Desember 2019.