Efektivitas Metode Muraja'ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Peserta Didik Kelas Takhassus Di SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar

Nur Atmi, Muhammad Hasibuddin

Abstract


Penelitian  ini  membahas  tentang  “Efektivitas  Metode  Muraja’ah  Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Takhassus Di SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penggunaan  metode  muraja’ah  dalam  meningkatkan  kualitas  hafalan  Al-Qur’an peserta  didik  kelas  Takhassus  Di  SMP  Islam  Terpadu  Nurul  Fikri  Makassar.  2) efektivitas  metode  muraja’ah  dalam  meningkatkan  kualitas  hafalan  Al-Qur’an peserta didik kelas Takhassus Di SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. 3) faktor pendukung dan penghambat metode muraja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an  peserta  didik  kelas  Takhassus  Di  SMP  Islam  Terpadu  Nurul  Fikri Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif  dengan  menggunakan  teknik  pengumpulan  data  berupa  observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik takhassus dan seluruh guru takhassus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan metode muraja’ah dalam meningkatkan kualitas  hafalan  Al-Qur’an  peserta  didik  kelas  Takhassus  Di  SMP  Islam  Terpadu Nurul  Fikri  Makassar  tergolong  efektif.  Hal  ini  dibuktikan  dengan  hasil  observasi langsung  dan  wawancara  yang  telah  dilakukan,  didukung  oleh  hasil  angket  yang menunjukkan tingkat keefektifannya mencapai 86.20% atau termasuk pada kategori sangat efektif. 


Keywords


Metode Muraja'ah; Kualitas Hafalan; Hafalan al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Afidah, S. I., & Anggraini, F. S. (2022). Implementasi Metode Muraja’ah dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto. AL-IBRAH, 7(1), 114–132.

Cece Abdulwaly. (2020). Pedoman Murajaah Al-Qur’an (Fauziah Jamilah (ed.); 10th ed.). Farha Pustaka.

Fattah, A., & Rahmadani, S. (2021). Efektivitas Metode Muroja’ah Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. PILAR, 12(1), 75–89.

Hakim, A., Azis, A., & Nasution, U. F. (2022). UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN MELALUI METODE MURAJA’AH SANTRIWATI RUMAH TAHFIZ AL-BAYYINAH MEDAN. Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 70–75. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/manhaji.v2i1

Hendrawati, W., Rosidi, R., & Sumar, S. (2020). Aplikasi metode tasmi’dan muraja’ah dalam program tahfidzul quran pada santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. Lenternal: Learning and Teaching Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1272

Ilyas, M. (2020). Metode muraja’ah dalam menjaga hafalan al-qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/: https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140

Khamid, A., Munifah, R., & Rahmawati, A. D. (2021). Efektifitas Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an pada Santri Pondok Pesantren. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 31–41.

Machmud, S. W., Bolotio, R., & Ilham, A. (2021). Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1709

Maemunah, M. (2021). Metode Muraja’ah Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah At Tamimi. Jieco: Journal of Islamic Education Counseling, 1(2), 117–132. https://doi.org/https://doi.org/10.54213/jieco.v1i2.93

Mercellina, F., Adil, M., & Karoma, K. (2020). MURAJA’AH LEARNING METHOD ON HOME TAHFIZH QUR’AN AN-NUUR. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(02), 342–353. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i02.770

Mustamin, M., & Zainal, A. Q. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 8–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226

Prahastiwi, E. D., Cahyono, D. D., Wibawa, G. A., Tentiasih, S., Ruhardi, R., Ismail, I., & Suprayitno, K. (2023). PENERAPAN METODE MURAJA’AH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAH PENDEK DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 129–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i2

Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-QurAn di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovations Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78

Rizki, M., & Hafizhoh, S. (2022). IMPLEMENTASI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE 3T+ 1M (TALQIN, TAFAHHUM, TIKRAR DAN MURAJA’AH). ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(2), 208–215. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.15674.g6777

Romziana, L., Wilandari, W., & Aisih, L. A. (2021). Tradisi Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an bagi Santri PPIQ di Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(2), 203–224. https://doi.org/https://doi.org/10.36781/kaca.v11i2.125

Sopyan, A., & Hanafiah, N. (2022). Pembiasaan Muroja’ah Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 100–105. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.224

Sudijono Anas. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan (Rahmatika (ed.); Pertanma). Rajawali Pers.

Zailani, Z., Ramadhan, H., Hasanah, L., & Ahmad, D. S. W. (2022). MURAJA’AH BERSAMA MENINGKATKAN KEKUATAN MEMORI DAN KELANCARAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK TAHFIZ MIFTAHUL HASANAH MEDAN TUNTUNGAN. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 7(2), 145–153. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.145-153




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Atmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

        

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats