Implikasi Pendidikan Karakter Berdasarkan Perspektif Hadis-Hadis Nabi dalam Tinjauan Ilmiah

Ansar Ansar, Kemal Abumusa

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implikasi pendidikan karakter berdasarkan hadis-hadis Nabi melalui penelusuran literatur dan analisis isi. Temuan menunjukkan nilai-nilai moral, sikap, perilaku, dan prinsip-prinsip pendidikan karakter yang terkandung dalam hadis-hadis Nabi, seperti kejujuran, keadilan, kasih sayang, dan kesabaran. Hasil ini memperkuat relevansi hadis-hadis Nabi dalam membentuk karakter individu. Rekomendasi meliputi pengembangan program pendidikan karakter berbasis hadis-hadis Nabi, pemilihan nilai-nilai yang relevan, dan penggunaan contoh konkret dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mendorong pengembangan lebih lanjut dalam pengintegrasian pendidikan karakter berbasis hadis dalam kurikulum. Pemahaman yang lebih mendalam tentang pendidikan karakter berdasarkan hadis-hadis Nabi memberikan kontribusi penting untuk membentuk generasi yang memiliki akhlak yang mulia dan siap menghadapi tantangan moral.

Keywords


Pendidikan Karakter; Prinsip Pendidikan; Pendidikan Moral.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2016). Konsep Pendidikan Karakter dalam Al-Qur'an dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah, 7(2), 163-181.

Affandi, A., & Ulumuddin, M. I. (2020). Konsep Nilai Nilai Pemikiran Kh. Hasyim As’Ari dalam Pendidikan Akhlak. Jurnal Al-Hikmah, 8, 95–106.

Aliyah, E., Bojong, S. D. N., & Cianjur, K. (2023). Pendidikan Karakter Ditinjau dari Hadits Rasulullah. 7, 3713–3722.

Asmani, J. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Hadis: Tinjauan Pendidikan Islam. 9(2), 265-285.

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Chann, L. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Hadist Nabi SAW. Digilib. UIN. Sby. ac. id dikutip pada tanggal, 2.

Elkind, D. H., & Sweet, F. (2004, September). How to do character education.

Fawziah, F. E. (2019). Konsepsi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Islam. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(1), 18–38. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i1.67

Harta, I. (2010). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP/MTs.

Muhaimin, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Islam.

Sudarsono, J. (2008). Pendidikan, kemanusiaan dan peradaban.

Qahar Zainal, A., & Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134

Riyanti Ayu Ullis. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Sekolah Adiwiyata di SMP NEGERI 1 JATINOM. 1–10.

Sinaga, R. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89

Way, C., Lewis, C., & Ph, D. (2002). Eleven Principles. Character Education Partnership.

Lickona, T., Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education (1996)

Said, M. N. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Hadis Nabi. Malang: UIN-Maliki Press.

Saputra, E. (2019). Pendidikan Karakter: Strategi dan Implementasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ansar Ansar, Kemal Abumusa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

        

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats