Model Pembelajaran Higher Order Thingking Skill Di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Muhammadiyah Gombara

Subaedah Subaedah, Rosmiati Rosmiati, Nuraeni Abdullah

Abstract


Penerapan proses pembelajaran harus berstandar internasional pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu yang memerlukan daya nalar tinggi, atau Higher Order Thinking Skills, begitu pula pada pembuatan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rendahnya hasil studi Programme for international student assessment dikalangan peserta didik Indonesia menjadi faktor penentu peringkat Indonesia, diantaranya peserta didik tidak terbiasa dengan soal level pemecahan yang diintegrasikan dengan kehidupan nyata. Hal ini belum terealisasi secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui tingkat kemampuan berpikir tinggi yang merupakan kegiatan tak terpisah dari hasil belajar peserta didik. Dalam kegiatan pengukuran inilah seorang pendidik berperan aktif dalam menyusun alat pengukur prestasi belajar untuk peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan guru dan siswa MTs Darul Arqam sebagai partisipan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk menilai efektivitas model pembelajaran yang diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini dapat membantu peserta didik menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan kritis, serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan menekankan berpikir kritis dan kreatif, memecahkan masalah, menerapkan pengetahuan dalam kontek nyata. Ini dapat membantu peserta didik siap untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari serta di masa depan.


Keywords


Pembelajaran Hots; Berpikir Kritis; Pembelajaran Mandiri.

Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Agustin, N. D. (2018). Peran dan Teknik Soal Berbasis HOTS pada Kompetensi Dasar Meneladani Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 35–45. http://digilib.unimed.ac.id/38754/1/4. Fulltext.pdf

Beddu, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11.

Fatimah, S., & Rinawati, A. (2022). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills Untuk Guru Mi Di Kebumen. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 152–161. https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2190

Hasan Baharun, K. S. (2018). Penilaian Berbasis Kelas Berorientasi HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran PAI. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 195.

Ida Uswatun Hasanah. (2020). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru PAI dalam Menyusun RPP Berbasis Kecakapan Abad 21, Literasi dan HOTS melalui Workshop di SMP se-Depok Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-08

Kholid Yusuf, K. Y. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Hots Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Garung Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(1), 41. https://doi.org/10.32699/spektra.v4i1.44

Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266

Nugroho, A. T. S. (2020). Metode Kubus Ringkasan Taksonomi Bloom Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan High Order Thingking Skill (Hots) Guna Pengembangan Literasi Matematika Dan Mendukung Kecakapan Abad 21. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.32938/jpm.v1i2.376

Okta Pia, N. A., Masnur, M., & Elihami, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 72–89. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2880

Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., & Megawati, E. (2018). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41–54. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6619.41-54

Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 62. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Zuhra, F., Safarati, N., & Jasmaniah. (2022). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (Hots) Mahasiswa Pgsd Melalui Model Pembelajaran Radec. VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 14(2), 111–115. https://doi.org/10.51179/vrs.v14i2.1242




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i1.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Subaedah Subaedah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangkkn777https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/


Education and Learning Journal indexed by:

        

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats