Pengaruh Pemberian Tes Formatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra

Nurmiah Muin, Sitti Rabiah, Martini Martini

Abstract


Penilaian dan evaluasi dalam pendidikan merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis, dimana kegiatan ini mencoba untuk mengumpulkan, menganalisis dan mengevaluasi proses belajar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan keputusan-keputusan instruksional berdasarkan kriteria dan pertimbangan. Penilaian merupakan proses sistematis yang berarti bahwa harus dilakukan secara terencana dan bertahap serta berkelanjutan untuk dapat memperoleh gambaran tentang perkembangan peserta didik, yang berlangsung terus menerus selama proses pendidikan berlangsung. Salah satu cara dan strategi yang dapat dilaksanakan oleh dosen dalam mengantisipasi dan meminimalisir efek negative dari gaya belajar mahasiswa tersebut adalah dengan menggunakan penilaian formatif dalam proses perkuliahan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penilaian formatif dalam pembelajaran, yang mencakup tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomorik. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, observasi, Evaluasi dan Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan penilaian formatif dalam pembelajaran, mencakup tiga ranah ranah kognitif, ranah afektif dan rana psikomorik. Penilaian formatif terbukti dapat memperbaiki kualitas pembelajarn dan meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Kenaikan perolehan nilai disebabkan karena mahasiswa diberikan kesempatan berkompetisi dan mencetak sendiri nilai yang diinginkan. Selain itu, penilaian formatif dapat meningkatkan kreatifitas dan kemandirian serta tanggungjawab pada mahasiswa. Dengan demikian, penilaian formatif juga dapat merobah gaya belajar mahasiswa yang selalu mengandalkan nilai Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester

Keywords


Penilaian Formatif; Hasil Belajar; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Agustang, A., & Mutiara, I. A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia. OSF Home. https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463.

Alamsyah, N. (2020). Model Penilaian Pembelajaran Berbasis Manajemen Kinerja. Universitas Negeri Padang.

Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. Citapustaka Media. http://repository.uinsu.ac.id/2464/1/ISI PENELITIAN TINDAKAN KELAS.pdf

Azis, J. A., Setyani, G. R. T., Urfa, S. R., & Cahyani, S. P. (2022). Alat Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013 di SDN Gandasari 1. TSAQOFAH, 2(2), 236–250.

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119–123.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639

Peraturan Pemerintah, Pub. L. No. 32 (2013). https://jdih.mahkamahagung.go.id/legal-product/pp-nomor-32-tahun-2013/detail

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes (A. Setiawan (ed.)). Mitra Cendikia Press. https://onesearch.id/Author/Home?author=Djemari+Mardapi

Pratiwi, A., Lintangsari, A. P., Rizky, U. F., & Rahajeng, U. W. (2018). Disabilitas dan pendidikan inklusif di perguruan tinggi. Universitas Brawijaya Press.

Rachman, H., & Tahir, I. (2023). Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Games Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Enrekang. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 365–370. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.702

Risambessy, J. (2023). Hasil Belajar Mata Kuliah Statistika Dasar. Vox Veritatis, 2(2), 66–75.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 579–596.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796

Susilo, J., Rohmawati, N., & Haryadi, H. (2021). Pengembangan penilaian autentik pada pembelajaran teks eksposisi kelas xi. TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA, 10(2), 102–112. https://doi.org/10.33603/jt.v10i2.5343




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i1.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurmiah Muin, Sitti Rabiah, Martini Martini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangkkn777https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/


Education and Learning Journal indexed by:

        

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN: 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats