Pengaruh Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi terhadap Kinerja Guru (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Makassar)

Surani Surani, Nashiruddin Pilo

Abstract


Pemimpin memiliki pengaruh positif terhadap nilai-nilai dalam organisasi seperti motivasi dan kinerja anggota kelompok. Oleh karena itu apabila kepemimpinan kepala madrasah rendah, maka akan berdampak pada rendahnya tingkat kinerja seorang guru, yang mana ada guru yang kinerjanya kurang memuaskan, tidak berprestasi, yang merasa tidak dihargai atas apa yang telah dikerjakan, tidak puas dengan pekerjaan yang telah dikerjakan dan dikerjakan. tidak berani mengambil resiko, kondisi ini menunjukkan adanya rasa tidak puas dalam kinerja bagi seorang guru. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran pemimpinnya, karena kepala madrasah sebagai pimpinan dalam lembaga harus mampu memimpin lembaga tersebut menuju pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Kepala madrasah harus mampu melihat perubahan norma pendidikan dan kehidupan globalisasi. Dengan demikian kepala Madrasah saat ini mensyaratkan bahwa pengetahuan dan keterampilan untuk memimpin secara efektif baik dari sisi biaya maupun wewenang. Oleh karena itu, jika pimpinan madrasah tidak paham, maka tidak semuanya akan terjadi. "Agar terjadi" hari ini, kepala Madrasah harus memainkan peran visioner, agen perubahan, panutan, dan manajer.

Keywords


Manajemen; Kepemimpinan; Motivasi; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan terjemahnya, Departemen Agama Republik Indonesia.

Aqib, Zainal, Menjadi Guru ProfesionalBerstandar Nasional, Bandung: Yrama Widya, 2019.

Danim, Sudarman. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarman dan Suparno. 2012. Menjadi Pemimpin Besar, Visioner Berkarakter. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Marno, T. S, Manajemen dan kepemimpinan Pendidikan Islam . Bandung: PT. Refika Aditama, 2008.

Muliono, Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Tipe Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pengawas SMA/SMK di Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar: 2017.

Muhaimin, et al, Manajemen Pendidikan Islam “Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, cet. 2; Jakarta ; Kencana, 2010.

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. cet.5; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Paskalis, dkk, Jurnal Administrasi Pendidikan; Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menajemen Berbasis Sekolah, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontinak.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia, 2010.

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam, cet.3; Bandung: CV. Pustaka Setia, 2019

Usman, Husaini, Total Quality Management. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 2006

Utomo, Sugeng, Jurnal Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif, FKIP Universitas Wisnuwardhana, Malang.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan dan Motivasi. Cet. 3; Jakarta: Ghalia Indonesia, 1987.

Zainal, Veithzal Rivai, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Cet 1; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Surani Surani, Nashiruddin Pilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

erek erek 2d


Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats