Revolusi Mental Melalui Pendidikan Islam Berbasis Metode Tazkiyatun Nafs

Bisyri Abdul Karim, M. Hasibuddin M. Hasibuddin

Abstract


Tulisan ini mengulas tentang revolusi mental melalui pendidikan Islam berbasis metode tazkiyatun nafsh. Pembahasannya meliputi; 1) Konsep Revolusi Mental; 2) Konsep Pendidikan Islam mencakup deskripsi tentang Tujuan Pendidikan Islam dan Kurikulum Pendidikan Islam; dan 3) Metode Tazkiyatun Nafs mencakup Landasan Tazkiyatun Nafs dan bagaimana Pelaksanaan Tazkiyatun Nafs.Hasil analisis penulisan ini menyimpulkan bahwa Revolusi mental merupakan peribahan nilai perilaku individu yang mengarah pada kepribadian mental yang positif. Prosesnya senantiasa harus berlangsung secara kontinyu untuk mendorong perkembangan batin dan watak manusia Indonesia. Hal ini menjadi salah satu diskursus baru dalam upaya mengubah struktur mentalitas manusia Indonesia untuk lebih menjadi baik yang meliputi; aspek cara berpikir meliputi pola pikir, aspek cara meyakini meliputi spritual-hati dan aspek cara bersikap yang meliputi polarasa-karsa. Upaya untuk mencapai revolusi mental dapat diimplementasikan melalui pendidikan Islam yang dapat menjadi formula esensial menddik akhlak peserta didik beriman dan bertaqa, teguh pada ajaran Islam serta membina pribadi peserta didik mencapai karakter yang terpuji sebagaimana yang dituntunkan dalam ajaran Islam berbasis tazkiyatun nafs yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan Islam. Tazkiyatun nafs dapat menjadi pendekatan metodik untuk membimbing peserta didik membersihkan jiwa melalui rangkaian kegiatan yang postif dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Keywords


Revolusi Mental; Pendidikan Islam; Tazkiyatun Nafs

Full Text:

PDF

References


al-Attas, Nauib. 1979. Aims and Onjektives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz Univercity.

Al-Ghazali. 1983. Ihya` Ulum ad-din, Jilid 2, Alih Bahasa Ismail Ya`kub. Jakarta: Faizan.

Arifm, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Qusyairi, Muslim bin Hajjah. 2006. Shahih Muslim. Riyad: Dar Toyyibatun.

An-Nahlawi, Abd Ar-Rohman. 1992. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Bandung: Diponogoro.

Darajat, Zakiah. 1975. Pendidikan Agama Dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan bintang: Jakarta.

Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Huntington, Samuel P. 2006. Political Order in Changing Societies. New Haven: Yale University Press.

Jaelani, A.F. 2000. Penyucian Jiwa (Tazkiyat Al-nafs) & Kesehatan Mental. Jakarta: Penerbit Amzah.

Langgulung, Hasan. 1989. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisia Psikologi, Fisafat dan Pendidikan. Jakarta: Penerbit Pustaka Al-Husna.

________________ 1992. Teori-teori Kesehatan Mental. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Maragustam. 2015. Paradigma Revolusi Mental dalam Pembentukan Karakter Bangsa Berbasis Sinergitas Islam dan Filsafat Pendidikan Maragustam. Artikel. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XII, No. 2, Desember 2015

Marimba, Ahmad D. 1980. Pengantar Filsafat Pemlidikmr Islam. Bandung: PT.AL Ma' arif.

Masyhuri. 2012. Prinsip-Prinsip Tazkiyah al-Nafs dalam Islam dan Hubungannya dengan Kesehatan Mental, Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 2 Juli-Desember 2012.

Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: LoGOS Wacana Ilmu.

Notosoedirjo, Moeljono. 2001. Kesehatan Mental: Konsep dan Penerapan. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Poerwadarminta, W.J.S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudirman dkk. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: CF Remaja Karya.

Tafsir, Ahmad. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tasmara, Toto. 2001. Kecerdasan Ruhaniah: Transcendental Intellegence. Jakarta: Gema Insani Press.

Yafie, Ali. 1997. Teologi Sosial, Telaah Kritis Persoalan Agama dan Kemanusiaan. Yogyakarta: LKPSM Tampeyan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bisyri Abdul Karim, M. Hasibuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats