Teknik Brainstorming dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Ansar Ansar, Sri Rahmadani, Akhmad Syahid, Syarifa Raehana

Abstract


Permasalahan pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI MAN 3 Kota Makassar adalah kurang kemampuan berbicara bahasa Arab, hal ini disebabkan penggunan teknik  pembelajaran yang cenderung menoton sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus yang terdiri  dari empat komponen utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunkan teknik observasi, dokumentasi, dan tes dalam memperoleh data terkait peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab. Penerapan teknik Brainstorming pada subjek penelitian siswa kelas XI MAN 3 Kota Makassar yang berjumlah 23 orang bertujuan untuk melakukan analisis terhadap peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab melalui penerapan teknik Brainstorming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik brainstorming pada mata pelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas XI MAN 3 Kota Makassar dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab. Bukti secara kuantitatif dapat dilihat dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II, nilai dari rata-rata peserta didik pada pra siklus adalah 66,30. Pada siklus I adalah 72,61. Dan pada siklus II 83,48.

Keywords


Teknik Brainstorming; Kemampuan Berbicara; Peningkatan Keterampilan Bahasa Arab.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316

Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan gaya komunikasi guru terhadap tingkat keefektifan proses pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.55115/purwadita.v3i2.365

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Fitriani, N. (2022). Implementasi Metode Mustaqilli Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Jakarta. Mozaic: Islam Nusantara, 8(2), 130–155. https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i2.596

Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358

Harahap, W., Zebua, E., & Damanik, H. R. (2023). Pengaruh Teknik Brainstorming Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 785–798. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.300

Kurniati, K. (2020). Meningkatkan Ranah Kognitif Dan Afektif Peserta Didik Melalui Pembinaan Guru Asuh Di MAN Insan Cendikia Kota Palu. IAIN Palu. http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1389/

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(1), 138–163. https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/211

Ramadani, F., & Baroroh, R. U. (2020). Strategies And Methods Of Learning Arabic Vocabulary/Strategi Dan Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(2), 291–312. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i2.10062

Ramadhanti, D., & Mana, L. A. (2018). Comparison of Brainstorming and Mind Mapping Techniques in Argumentation Writing Learning. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(3). https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i3.2024

Risnawati, R. (2021). Keefektifan Penggunaan Media Komik dalam Kemampuan Membaca Memahami Teks Bahasa Arab siswa kelas X MAN 1 Barru. Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/19264/

Sari, F., Awnillah, N. T., Ardianti, N., Khair, S., & Rahman, A. N. (2022). Perancangan Produk Alat Relaksasi Mata untuk Mengurangi Resiko Kelelahan Mata dengan Implementasi Metode Brainstorming. Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), 5(2), 235–241. https://doi.org/10.32734/ee.v5i2.1573

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47–51. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.726

Tianhuri, R. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Kecerdasan Emosional Melalui Daring Di Kelas VI Mis Nurul Huda Sembubuk. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 2(1), 1–12. https://mail.online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12782

Umudini, A., Iswandi, I., & Arifin, M. M. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Kepuhrejo Kediri. Journal on Education, 5(3), 9346–9355. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1741




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i1.913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ansar Ansar, Sri Rahmadani, Akhmad Syahid, Syarifa Raehana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats