Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Pasangkayu
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Kedisiplinan Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri 1 Pasangkayu. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran kedisiplinan guru di MTs Negeri 1 Pasangkayu. (2) untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta didik kelas VIII di Negeri 1 Pasangkayu. (3) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Pasangkayu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif, Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 55 peserta didik, teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kedisiplinan guru jujur diperoleh nilai thitung > ttabel yakni 0.092 < 2.008. Artinya tidak terdapat pengaruh signifikansi secara persial kedidiplinan guru jujur terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. (2) kedisiplinan guru tepat waktu diperoleh nilai thitung < ttabel yakni 1.776 < 2.008. Artinya tidak ada pengaruh signifikansi secara persial kedisiplinan guru tepat waktu terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. (3) kedisiplinan guru tegas diperoleh nilai thitung < ttabel yakni 2.468 > 2.008. Artinya terdapat pengaruh signifikansi secara persial kedisiplinan guru tegas terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. (4) kedisiplinan guru bertanggung jawab diperoleh nilai thitung < ttabel yakni 1.603 < 2.008. Artinya terdapat pengaruh signifikansi secara persial kedisiplinan guru tegas terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Adapun pengaruh secara simultan diperoleh nilai sinifikansi < 0.05 yakni 0.001 < 0.05 dan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yakni 20.303 > 2.55. Ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Nilai R Square sebesar 61,9% selebihnya dipengaruhi variable lain sebesar 31,9%.
Keywords
References
Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahsa Indonesia. DEEPUBLISH.
Amala, N., Yanti, S., Vitaloka, W., Alam, A. S., Lestari, B. P., & Pangastuti, R. (2022). Parenting
(1st ed.). CV. Azka Pustaka.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). PT. Bumi Aksara.
Edi, F. R. S. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik (1st ed.). PT. Leutika Nouvalitera.
Jumhuri, M. A. Al. (2015). Belajar Akidah Akhlak Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid dan Akhlak Islamiyah (1st ed.). DEEPUBLISHER.
Lesmana, G. (2021). Bimbingan Konseling Populasi Khusus (1st ed.). Kencana.
Mardati, A., Sukma, H. H., Martaningsih, S. T., & Maryani, I. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) (1st ed.). UAD Press.
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. November, 1–23.
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar (1st ed.). DEEPUBLISH.
Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran (1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Sa’adah, L. (2022). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis (1st ed.). LPPM UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Kencana.
Sulistiyono, J. (2022). Buku Panduan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Untuk Mengatasi Kedisiplinan Masuk Sekolah (1st ed.). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penulisan Indonesia.
Syofian siregar. (2017). Metode Penelitian kuantitatif. Kencana.
Usman, H. (2022). Pengantar Statistika: Cara Mudah Memahami Statistika (1st ed.). Bumi Aksara. Yusrizal. (2016). Pengukuran & Evaluasi Hasil dan Proses Belajar (1st ed.). Pale Media Prima.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.352
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0