Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Bontomaero II Gowa
Abstract
             Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Bontomaero II Gowa. Adapun masalah Pokok yang diteliti yaitu kelas V dan apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri Bontomaero II Gowa.
               Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus Penelitian kelas V berjumlah 34 orang peserta didik, prosedur penelitian, instrument penelitian, teknik analisis data. Waktu dalam penelitian ini 2 bulan yakni dimulai pada tanggal 31 Maret 2023- 31 Mei 2023 yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus 3 kali pertemuan serta pada pra siklus 1 kali pertemuan. Serta nilai KKM yang diterapkan di sekolah yaitu 75.
               Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dikelas V mengalami peningkatan dapat dilihat dari pra siklus sampai dengan siklus II. Adapun nilai KKM 75 dan hasil mean yang berhasil pada pra siklus ialah 66,50 dari 34 peserta didik atau 38,23% , pada siklus I ialah 74,73 dari 34 peserta didik atau 64,70% kemudian pada siklus II mencapai 85,70 dari 34 peserta didik atau 85,70% . Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik karena tetap fokus belajar sambil bermain.
               Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Bontomaero II Gowa.
Keywords
References
Daftar Pustaka
Ahdar Djamaludin. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kopetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan : CV. Kaafah Learning Center.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).
Hamzah B Uno. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penliaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT. Remaja Rosdakarya.
Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(1), 1–7.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta : RajaGrafindo.
Saur. (2014). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Comdes Kalimantan.
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32
Wahab, G. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Adanu Abimata.
Wakhidin, A. (2020). Perbaduan Model Pembelajarn Make A Match Dengan Quiz-Quiz Trande. Indramayu : Jawab Barat.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.424
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0