Efektivitas Metode E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas Vlll. 1 di SMP Negeri 3 Ma'rang Kabupaten Pangkep

Nuraeni Nuraeni, Mustamin Mustamin, Muh. Azhar Burhanuddin

Abstract


Tujuan Penelitian ini: 1) Untuk mengetahui efektivitas metode E-Learning dalam meningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII. 1 di SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep. 2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat metode E-Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII. 1 di SMP Negeri 3 Kabupaten Pangkep. E-Learning merupakan bentuk pembelajaran konvensional yang dituangkan dalam format digital melalui teknologi seperti internet, komputer, TV, DVD, Audio Visual, Handphone dan sebagainya yang dapat digunakan dalam sistem pembelajaran agar terwujud pembelajaran yang ideal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Efektivitas metode E-Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI keas VIII. 1 di SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep di kategorikan efektif . Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi angket peserta didik yang digunakan untuk mengukur keefektifan metode E-Learning mencapai 85,93%. Maka sesuai dengan tabel kriteria efektif, apabila mencapai frekuensi 81% - 100% maka kegiatan tersebut dikataan sangat efektif. Faktor pendorong dan penghambat efektivitas metode E-Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII. 1 di SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep dapat diperoleh hasil yaitu: 1) Faktor pendorog: fasilitas belajar, strategi belajar, minat dan motivasi, orang tua, dan sumber belajar. 2) Faktor penghambat: internet, pesimis, fokus siswa, kesehatan, dan keterbatasan waktu.

Keywords


Metode E-Learning; Hasil Belajar; Audio Visual; Pendidikan Agama Islam.

References


Almadani. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan.†4(1): 1–23.

Bunyamin, Andi. 2019. “Keterlibatan Orangtua Dalam Mendukung Peningkatan Prestasi Belajar Anak.†Belantika Pendidikan 1(1): 28–36.

Darmalaksana, Wahyudin. 2022. “Panduan Penulisan Skripsi & Tugas Akhir.†TESLA: Jurnal Teknik Elektro 21(1): 1.

Deni Darmawan. 2014. Pengembangan E-Learning Teori Dan Desain. Cet. 1. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Hasibuan, Syahrial et al. 2022. Media Penelitian Kualitatif.

ince prabu. 2022. “Tipe Student Teams Achievement.†3(1).

Jamilah, Nisaul. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur.†al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5(1): 141–54. http://dx.doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08.

Khoiriyah, Faridah Himmatul. 2019. “Efektivitas Penggunaan Media E-Learning Berbasis Moodle Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Hidrokarbon MA Sunniyyah Grobogan.†UIN Walisongo 3: 1–9.

Martini, Hasinah. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol.†Chemistry Education Practice 2(2): 21. http://dx.doi.org/10.29303/cep.v2i2.1322.

Nofrianda, Erliyen, Andri Febriansyah, Agung Setiawan, and Adyanata Lubis. 2023. “Media Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.†Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2): 3937–41.

Novantara, Panji. 2018. “IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYNCHRONOUS LEARNING PADA PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS KUNINGAN.†Buffer Informatika 4(1). http://dx.doi.org/10.25134/buffer.v4i1.1290.

Nurhayati et al. 2022. “Optimalisasi Media Pembelajaran V-Class Universitas Lampung: Aplikasi Metode Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.†Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi 22(1): 125–31.

Nuryatin, Sri. 2020. ADAPTASI METODE PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING UNTUK MENGHADAPI ERA NEW NORMAL. Center for Open Science. http://dx.doi.org/10.31222/osf.io/zy2r6.

Purba, Debora, and Alfi Nura. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Medan.†Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM 3(2): 79–95.

Taufik Abdillah Syukur, Siti Rafiqoh. 2022. Pengantar Ilmu Pendidikan. Cet. 1. Patju Kreasi




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0