IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 10 TALLO MAKASSAR

MAGHFIRAH MAGHFIRAH, M.Akil Tahir, Muh. Aidil Sudarmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa
kelas V SD Muhammadiyah 10 Tallo Makassar dengan jumlah 35 siswa yang
terdiri 17 laki-laki dan 18 perempuan.
Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan
secara langsung terhadap peserta didik SD Muhammadiyah 10 Tallo Makassar,
wawancara akan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada guru
bidang studi Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa kelas V, dan berupa tes
awal dan tes akhir bentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil
belajar setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pra siklus dimana nilai rata-rata
peserta didik yaitu 56,57 dengan persentase 28,57% dari 35 peserta didik.
Kemudian masuk dalam siklus I saat pemberian soal pre-test mengalami
peningkatan dengan nilai rata-rata 74,28 dengan persentase 48,57% dan pada
siklus II kembali mengalami peningkatan pada saat peneliti memberikan soal pre-
test pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,57 dengan persentase 86,57%.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar,
Pendidikan Agama Islam


Keywords


Penerapan, Problem Based Learning, Hasil Belajar

References


Al-Qur’an Al-Karim

Abdullah Sani, Ridwan.“Strategi Belajar Mengajar†. Depok : Rajawali Pers, 2019.

Aminah, Siti. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui pembelajaran online terhadap hasil belajar biologi konsep viruspada peserta didik kelas X Di SMA 2 Enrekangâ€. Skripsi

Ain, Hurul. 2015. “Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa di SDN Kramatjati 18 Pagi kelas VIâ€. Skripsi

Arikunto, Suharsimi.“Penelitian Tindakan Kelasâ€. Jakarta : Bumi Aksara, 2017

Darnis, S.Ag., Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, “Wawancaraâ€, SD Muhammadiyah 10 Tallo Makassar, pada tanggal 18 September 2022

Fatoni, Abdurrahman.“Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsiâ€. jakarta: Rineka Cipta, 2011

Iman Firmanyah, Mokh. 2019. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsiâ€. Vol.17

Istifadah, Nurul. 2021. “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Sungai Raja 1 Sukamaraâ€. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Juanda, Anda, “ Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)â€, Cet. 1, Yogyakarta, 2016

Kementrian Agama RI. 2013. “Al-Qur’an dan Terjemahannyaâ€. Bandung : Diponorogo

Karwono,“Strategi Pembelajaran dalam Profesi Keguruanâ€. Depok: Rajawali, 2020

Kurnia Sari, Yuni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SDN 66 Kota Bengkuluâ€, Skripsi Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Khotimah, Khusnul. 2018. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampungâ€. Skripsi

Melissa, M. M. (2015) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di Kelas VIIE SMP 15 Yogyakarta,Yogyakarta.

Rachman Sheh, Abdul.“Pendidikan Agama dan Keagamaan: Visi, Misi dan Aksiâ€. PT.Gemawindu Pancaperkasa, 2016.

Rusmono.“Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning itu perluâ€. Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia, 2017.

Setiawan, Risky.“Penelitian Tindakan Kelas ( Action Research ) Teori dan Praktikâ€. Yogyakarta: Parama Publishing, 2017.

Sofyan, Herminarto dkk.“Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013â€. Yogyakarta: UNY Press, 2017

Syafrianto, Eka. 2015. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosialâ€. Volume 6

Syamsidah.“Problem Based Learning (PBL)â€. Yogyakarta, 2018

Saifuddin, Achmad. 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )â€. Jakarta; UIN Syarif Hidayatullah.

Susanto, Ahmad.“Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar.â€2018.

Sudaryono.“Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Groupâ€2016

Undang-Undang SISDIKNAS.“Sistem Pendidikan Nasional Edisi Terbaruâ€.2012. Bandung: Fokusindo Mandiri

Wulan Dari. Uni. 2017. “Penerapan Model PBL Problem Based Learning dalam pembelajaran Ipa pada siswa kelas V SDâ€. Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0