Peran Al-Bī’ah Al-Lughawiyyah Dalam Meningkatkan MahÄrah Al-KalÄm Bahasa Arab Siswa Kelas Viii A Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar

Muhammad Zaydan Rizkiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan al-Bi’ah al-Lughawiyyah di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Gombara Makassar serta sejauh mana kontribusi al-Bi’ah al-Lughawiyyah terhadap peningkatan prestasi siswa kelas. ' kemahiran dalam bahasa Arab Maharah al-Kalam. Penelitian kualitatif adalah istilah untuk penelitian semacam ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Menurut temuan penelitian ini, Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Gombara Makassar mengimplementasikan al-Bi’ah al-Lughawiyyah dengan terlebih dahulu mengajarkan ilmunya kepada santri. Setelah informasi diberikan, barulah dibuat tata bahasa dalam bahasa Arab. Penerapannya dilakukan selama pembelajaran bahasa Arab dan pada waktu-waktu tertentu yaitu belajar bahasa Arab sampai dengan empat jam, terdiri dari dua jam di dalam kelas dan dua jam di luar kelas. Di asrama juga dilakukan mufrodat atau ba'da ashar. Di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Gombara Makassar, Al-Bi’ah Al-Lughawiyyah berkontribusi terhadap peningkatan jumlah umat Islam kelas VIII A. Al-Lughawiyyah mampu meningkatkan maharah al-kalam karena adanya al-Bi'ah. Karena maharah al-kalam akan baik jika maharah al-Istima' baik, peserta didik dan santri dilatih untuk memperbanyak al-Istima' (menyimak).

Keywords


Kesiapan belajar siswa; hasil pembelajaran; bahasa Arab

References


Al Qur’an Al Karim

Arsyat Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2003.

Arini dkk, Pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas II SMA negeri 99 Jakarta. Unpublished Laporan Penelitian. Jakarta: Universitas Gunadarma, 2008.

Astuti dkk, Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 2012.

Ardhilasri, Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Nasional Bandung, Studi Kasus di Kls XI IPS2 pada Sub Ketenagakerja, Doktoral Dissertatian, FKIP Unpas, 2017.

Aswar, Data Sekolah, Guru Penjas, Madrasah Aliyah Babussalam, 09 September 2022.

Dalyono, psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Darsono, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 2000.

Darmadi, Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 2015.

Djamarah Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Cet. I; Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada, 2010.

Fauziah Wiwin, Wawancara, Guru PBA, Madrasah Aliyah Babussalam, 10 September 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0