Strategi Kepala Sekolah terhadap Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMAIT Ar-Rahmah Kota Makassar

Sri Wulandari, Said Syarifuddin Abu Baedah, Nuraeni Abdullah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Strategi Kepala Sekolah terhadap Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMAIT Ar-Rahmah Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SMAIT Ar-Rahmah Kota Makassar, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SMAIT Ar-Rahmah Kota Makassar.

Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan 3 peserta didik yakni perwakilan setiap tingkatan kelas peserta didik di SMAIT Ar-Rahmah Kota Makassar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan  triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Kepala SMAIT Ar-Rahmah Kota Makassar terhadap pembinaan akhlak peserta didik antara lain: menerapkan pembiasaan baik berupa shalat sunnah dhuha, sunnah qabliyah dan ba’diyah, serta shalat fardhu secara berjama’ah; memberikan teladan yang baik; menerapkan tata tertib; bekerja sama dengan orang tua peserta didik. Adapun faktor pendukung strategi kepala sekolah terhadap pembinaan akhlak peserta didik yakni kerja sama yang baik antar pihak sekolah dan antar sekolah dengan orang tua peserta didik, serta adanya kesadaran diri peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya ialah pengaruh negatif media sosial, kurangnya rangkulan keluarga, dan lingkungan pertemanan yang kurang baik.


Keywords


Strategi; Kepala Sekolah; Pembinaan Akhlak

References


Al-Qur’an al-Karim.

Al-Ghazali, Imam. (2019). Akhlak Yang Baik. Penerjemah: Purwanto. ed. oleh: Irwan Kurniawan. Cet. II. Bandung: Marja.

Amin, Samsul Munir. (2016). Ilmu Akhlak. ed. oleh: Dhia Ulmilla. Ed. I, Cet. I. Jakarta: Amzah.

Amruddin, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. ed. oleh: Arif Munandar. Bandung: Media Sains Indonesia.

Anggito, Albi dan Johan etiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. ed. oleh: Ella Deffi Lestari. Cet. I. Sukabumi: C Jejak.

At-Tirmidzi, Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa as-Sulaimi. (2017). Sunan at-Tirmidzi. Diterjemahkan oleh Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. eld. oleh: Jajang Husni Hidayat. Jilid 3. Cet. I. Jakarta: Gema Insani.

Basyir, Hikmah, dkk. (2016). At-Tafsir al-Muyassar Edisi Indonesia: Tafsir Muyassar 2 Memahami Al-Qur’an dengan Terjemahan dan Penafsiran Paling Mudah. Penerjemah: Muhammad Ashim, Izzudin Karimi. Jilid 2. Cet. I. Jakarta: Darul Haq.

Chrusni, Muhammad Minan, dkk. Strategi Belajar Inovatif. ed. oleh: Uswahun Khasanah. Cet. I (Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2021).

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Hapudin, Muhammad Soleh. (2019). Manajemen Karakter: Membentuk Karakter Baik pada Anak. ed. oleh: Soyan. Jakarta: Tazkia Press.

Hasan. (2018). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kertapati, Kabupaten Bengkulu Tengah. Julrna: An-Nizom, Vol. 3, No. 2.

Hermansyar, Uus. (2019). Implementasi Metode Keteladanan untuk Penanaman Akhlak Peserta Didik di MTs Kalipucang Pangandaran. Madrascience: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, Vol. 1, No. 1.

Indarto, Heri. (2019). Kebijakan Kepala Sekolah dan Mutu Pendidikan. ed. oleh: Ari Prastyo Nugroho. Cet. I. Yogyakarta: Tabula Rasa Publisher dan Jejak Pustaka.

Jawahir, Mohammad, Ismail Sukardi, dan Amilda. (2020). Strategi Kepala Madrasah dan Guru dalam Membina Akhlak Siswa MTs. Studi Managlria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Al-Qur’an : Transliterasi Perkata dan Terjemah Perkata. Surabaya: Nur Ilmu.

Kompri. (2021). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Ed. I (Jakarta: Kencana, 2017).

Kurniawan, Heru. Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniawan, Syamsul. (2016). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. ed. oleh: Dewi Ispurwanti. Ed. I, Cet. IV. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashruddin. (2015). Akhlak: Ciri Manusia Paripurna. Ed. I. Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers.

Nata, Abuddin. [t.th]). Akhlak Tasawuf. Ed. I. Cet. IX. Jakarta: Rajawali Pers.

Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar 1945, Bab 2, Pasal 3.

Sahriansyah. (2014). Ibadah dan Akhlak. Cet. I. Banjarmasin, IAIN Antasari Press.

Salim dan Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan dan Jenis. ed. oleh: Ihsan Satrya Azhar, Ed. I. Jakarta: Kencana.

Sari, Buana dan Santi Eka Ambaryani. (2021). Pembinaan Akhlak pada Anak Remaja. ed. oleh: Guepedia. Cet. I. Bogor: Guepedia.

Saroni, Mohammad. (2019). Pendidikan Karakter Tanpa Kekerasan : Upaya Membentuk Karakter Bangsa yang Lebih Baik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syafe’i, Imam, dkk. (2015). Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi. ed. oleh: Eka Kurnaiawati. Ed. II, Cet. IV. Jakarta: Rajawali Pers.

Syafel’i, Imam, dkk. (2014). Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi: Disertai Buku Panduan Praktikulm pengamalan Ibadah. Ed. II. Cet. III. Jakarta: Rajawali pers.

Syarbini, Amirullloh. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kelularga: Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga Perspektif Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. ed. oleh: Betti Nuraeni, Sitti Fatimah, Nur Ihsani. Cet. I. Jakarta: Prenamedia Group.

Zubaedi. (2017). Strategi Pendidikan karakter: Untuk PAUD dan Sekolah. Depok: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0