Efektivitas Kurikulum Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kemuhammadiyahan Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Lajoa Kabupaten Soppeng
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Kurikulum ISMUBA (Al-Islam, Kemuhamadiyahan dan Bahasa Arab) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kemuhammadiyahan Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Lajoa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum ISMUBA, untuk mengetahui bagaimana efektivitas kurikulum ISMUBA dalam meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat kurikulum ISMUBA dalam meningkatkan hasil belajar kemuhammadiyahan peserta didik di SMP Muhammadiyah Lajoa Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran atau mix metode, penelitian yang menggabungkan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 114 orang dan diambil 32 peserta didik sebagai sampel serta terdapat subjek penelitian yaitu guru pendidikan agama Islam. Dari hasil penelitian yang dilakukan berupa wawancara, observasi dan angket diperoleh data bahwa kurikulum ISMUBA sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar kemuhammadiyahan peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi guru dalam mengajar mata pelajaran kemuhammadiyahan diperoleh 76,92% yang mana skor tersebut terdapat pada kriteria sangat baik dan observasi pada peserta didik diperoleh 48,07% yang mana skor tersebut juga terdapat pada kriteria sangat baik, sedangkan hasil angket yang diperoleh yaitu 82,88%, dimana angka tersebut pada tabel kriteria efektif berada pada interval 81% - 100% dan dikategorikan sangat efektif. Adapun faktor pendukung penggunaan kurikulum ISMUBA ialah ketersediaan fasilitas untuk belajar, kerja sama antara pendidik, tenaga pendidik dan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan kurikulum ISMUBA yaitu peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda, sehingga penyesuaian materi sulit untuk dilakukan oleh pendidik.
Keywords
References
Danuwiyoto, M. (2016). Efektivitas Program ISMUBARIS Pada Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Depok. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Darwin, M. dkk. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. CV. Media Sains Indonesia.
Gainau, M. B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. PT. KANISIUS.
Gowa, P. T. T. (2016). Analisi Pelayanan Costumer Service Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Kios Grapari PT. Telkomsel Gowa. 2192, 23–33.
Hamzah, U. (2013). Belajar Dengan Pendekatan PAKEM, Pembelajaran Aktif, Inofatif, Lingkungan, Lingkungan Kreatif, Efektif, Menarik.
Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two Stray. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Metode. Hidayatul Quran Kuningan.
Hizanuddin, & Khairul Azan. (2021). Metode Penenlitian Kajian Teoritis dan Praktis Bagi Mahasiswa. DOTPLUS Publisher.
Indonesia, R. (2014). Himpunan Lengkap Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.
Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. PT. Rajagrafindo Perseda.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Deepublish.
Lemak, Syalom MC, et, al. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Electronic Government di Dinas Pendidikan Kota Tomohon. Jurnal Governance, 1, 3.
Luthfiyah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. CV. Jejak.
Majelis Dikdasmen PP. (2017). Kurikulum ISMUBA 2017.
Mufti, U., & Widodo, H. (2021). Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 85. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.906
Mundiri, A., & Hasanah, R. U. (2018). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai Di Smp Nurul Jadid. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 40–68. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1721
Nasution, Dito Aditia Darma, et. al. (2022). Monograf (I). Uwais Inspirasi Indonrsia.
Nengsih, R., Novianti R.S, I., & Hakim, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, 3(2),100.https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.153
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Perkembangan (II). Kharisma Putra Utama.
Siahaan, Asima Yanty, P. D. K. P. (2022). Transformasi Pembangunan Melalui Pelayanan Publik. PT. Pena Persada Kerta Utama Redaksi.
Siregar, R. M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sobarna, A., & Henry Asmara. (2021). Desain Kurikulum PENJASORKES. Desanta Muliavisitama.
Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kualitatif (Eksplanatif). CV. Budi Utama.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugono, D. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.
Susilaningtiyas, D. E., & Fatmawati, N. (2021). Integrasi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Sumber Pembelajaran Interaktif Terhadap Pendidikan Ips Di Indonesia. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), 69. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i2.50587
Syafaruddin et, al. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasa Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan, II(3), 22.
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di. (2016). Tafsir Al-Quran Surat Al-Fatihah, Al-Baqarah, Al-Imran. Darul Haq.
Thobrroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Ar-ruzz Media.
Wijaya, U. H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yuliando. (2023). Excel For Business Administration. CV. Media Sains Indonesia.
Yunistiana, P. P., & Abidin, Z. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum Di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/91074%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/91074/1/1. Naskah Publikasi Revisian.pdf
Zulqarnain, Al-Faruq, S. S., & Sukatin. (2022). Psikologi Pendidikan (Sukatin (ed.)). CV Budi Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.614
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0