Kepraktisan Modul Pembelajaran Literasi Statistik
Abstract
Literasi statistika merupakan kemampuan dalam membaca dan menafsirkan data dalam pembelajaran statistika. Masalah utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah “bagaimana menghasilkan perangkat dan instrumen modul pembelajaran literasi statistika yang praktisâ€. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan melakukan dua kali uji coba (uji coba 1 dan uji coba 2), instrumen penelitian yang di gunakan adalah instrumen non tes meliputi; (1) Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran Literasi Statistika (LOKPLS), dan (2) Lembar Observasi Kemampuan Dosen Mengelola Pembelajaran Literasi Statistika (LOKDMPLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran literasi statistika dalam pembelajaran telah terlaksana seluruhnya dengan rata-rata 1,74 pada uji coba 1 dan 1,88 pada uji coba 2, dan kemampuan dosen mengelola pembelajaran literasi statistika berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 3,65 pada uji coba 1 dan 3,79 pada uji coba 2, sehingga di simpulkan bahwa modul pembelajaran literasi statistika praktis digunakan yaitu dapat di terapkan dilapangan.
References
Cobb, G. (1992). Teaching statistics, (heeding the call for change: suggestions for curricular action). Mathematical Association of America.
Darwis, M. (2007). Model pembelajaran matematika yang melibatkan kecerdasan emosional. Universitas Negeri Surabaya.
delMas, R. C. (2002). Statistical literacy, reasoning, and learning: A commentary. Journal of Statistics Education, 10(3). https://doi.org/10.1080/10691898.2002.11910679
Donnelly, R., & Fitzmaurice, M. (2005). Modules for learning. Emerging Issues in the Practice of University Learning and Teaching, 0–20.
Gal, I. (2002). Adults’ statistical literacy: meanings, components, responsibilities. International Statistical Review / Revue Internationale de Statistique, 70(1), 1. https://doi.org/10.2307/1403713
Garfield, J. (2002). The challenge of developing statistical reasoning. Journal of Statistics Education, 10(3). https://doi.org/10.1080/10691898.2002.11910676
Goodall, G. (2005). Teaching statistics. In Teaching Statistics (Vol. 27, Issue 1). https://doi.org/10.1111/j.1467-9639.2005.00187.x
Kern, R. (2000). Literacy and language teaching. Oxford University Press.
Moore, D. S. (1997). New pedagogy and new content: the case of statistics. International Statistical Review / Revue Internationale de Statistique, 65(2), 123. https://doi.org/10.2307/1403333
Nurdin. (2007). Model pembelajaran matematika yang menumbuhkan kemampuan metakognitif untuk menguasai bahan ajar. Universitas Negeri Surabaya.
Schield, M. (2004). Statistical literacy curriculum design. Curricular Development in Statistics Education, 54–74. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.144.8102&rep=rep1&type=pdf
Schield, M. (2005). Information literacy, statistical literacy, data literacy. IASSIST Quarterly, 28(2), 6. https://doi.org/10.29173/iq790
Schield, M. (2013). Statistics education: steadfast or stubborn. JSM 2013 Proceedings, 1, 1005–1017.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tiro, M. A. (2017). Teaching statistics in Indonesia school: today and future. ISI Regional Statistics Conference.
Wahab, A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran literasi statistika (analisis regresi linier sederhana dengan R). Disertasi Universitas Negeri Makassar.
Wahab, A., Mahmud, A., & Tiro, M. A. (2018). The effectiveness of a learning module for statistical literacy. New Educational Review, 53(3), 187–200. https://doi.org/10.15804/tner.2018.53.3.16
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0