UPAYA PEMBINA TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-IMAN ULUALE KABUPATEN SIDRAP
Abstract
ABSTRAK
Pembina tahfidz merupakan peletak dasar pemahaman menghafalkan Al-Qur’an, dengan demikian pembina tahfidz yang lebih diutamakan adalah yang telah memperoleh sanad. Dengan alasan, pertama, sanad adalah bukti bahwasanya bacaan yang dibaca oleh sang pembina adalah bacaan yang mutawatir dan muttashil hingga ke Baginda Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wassallam, yang telah diakui oleh ulama. Selanjutnya, kedua, murobbi yang telah memiliki sanad lebih bisa diakui keahliannya dalam dunia belajar dan menghafal Al-Qur’an maupun dalam pengalamannya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pembina tahfidz dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal Al-Qur’an dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya pembina tahfidz dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan bentuk penyajian naratif dengan pendekatan fenomologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya pembina tahfidz dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal Al-Qur’an di Ma’had Al-Iman Uluale yaitu: 1) Menggunakan 3 metode dalam menghafal Al-Qur’an, 2) Program halaqah tahfidz, 3) Memberikan motivasi, 4) Pemberian hukuman. Adapun Faktor pendukung upaya pembina tahfidz adalah 1) Orang tua, 2) Keaktifan pembina tahfidz, 3) Memberikan nasehat dan hiburan, 4) Memberikan reward (Hadiah) dan faktor penghambatnya adalah 1) peserta didik kurang berkonsentrasi dalam menghafal, 2) peserta didik sering dikunjungi orang tua.
Kata Kunci: Upaya Pembina Tahfidz, Menghafal Al-Qur’an
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, J. (2013). Penerapan Metode Pakistani Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tahfidhul Quran di Pondok Pesantren Bina Qolbu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Skripsi, Jakarta: STIT INSIDA Cabang Pondok Melati.
Aliyah, U. (2023). IMPLEMENTASI METODE PAKISTANI PADA PELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI SMP IT LUQMANUL HAKIM. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 210–220.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Khumaidi, M. W. (2020). Pemberian Hukuman Dalam Perspektif Pendidikan Islam. An Naba, 3(2), 134–149.
NUJIA, L. (2020). Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di MAN 3 Tulungagung.
Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108.
Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.
Sahal, M., Jalil, A., & Mustafida, F. (2022). UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN SISWA MELALUI METODE TAKRIR DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(8), 26–31.
Sudiono, E. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berasarkan analisis newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302.
Susanto, S. (2021). Learning Tahfidz Al-Qur’an During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2).
Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0