Penerapan Metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) Dalam Meningkatkan Maharah Al Kalam Pada Peserta Didik Kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang

Nur Hikmah, Wahyudin Wahyudin, Mustamin Mustamin

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai penerapan metode mim-mem (mimicry memorization) dalam meningkatkan maharah al kalam pada peserta didik kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mim-mem (mimicry memorization) dan untuk mengetahui apakah metode mim-mem (mimicry memorization) dapat meningkatkan maharah al kalam peserta didik kelas VIII.1 MTs Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan-tahapan yaitu:1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 MTs yang terdiri dari 25 orang dan 1 orang guru mata pelajaran bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, tes, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan maharah al kalam peserta didik setelah diterapkan metode mim-mem (mimicry memorization). Pada sebelum tindakan maharah al kalam peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 62,04 dengan persentase 28% pada kategori “kurangâ€. Pada siklus I setelah tindakan, kemampuan maharah al kalam peserta didik mencapai nilai rata-rata 72,6 dengan persentase 64% pada ketegori “kurangâ€. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maharah al kalam peserta didik meningkat mencapai nilai rata-rata 83,2 dengan persentase 88% pada kategori “baikâ€. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode mim-mem (mimicry memorization), dapat meningkatkan maharah al kalam peserta didik kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Ittihadul Usrati Wal-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang.


Keywords


Metode Mim-Mem (Mimicry Memorization), Maharah al Kalam

References


Abna, N., & Shamad, M. I. (2016). Model Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Muslim Indonesia (Penerapan Naẓariyah Al-Furū’ Dan Naẓariyah Al-Wihdah). Tamaddun, 15(2). https://doi.org/10.33096/tamaddun.v15i2.39

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Chalil, M. N., Bunyamin, A., Tahir, M., & Wahab, A. (2023). View of Penerapan Metode Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran fiqih Di Kelas VII.A MTS Ponpes Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Enrekang. QANUN: Journal Of Islamic Laws and Studies. https://asianpublisher.id/journal/index.php/qanun/article/view/299/234

Hafid, W., & Hamid, N. (2022). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab dengan Penerapan Model PAIKEM Berbasis Permainan Bahasa pada Siswa Madrasah Tsnawiyah DDI Padanglampe-Pangkep. Jurnal Ilmiah Islamic Resources.

Hafid, W., & Ilyas Thahir. (2023). Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Berbahasa Arab Via daring di Masa Pandemi covid-19 (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA-FAI) UMI Makassar). Shaut al Arabiyyah, 11(1). https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.27850

Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Edisi IV). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Humairah M., H. M., Mustamin, M., & Zainal, A. Q. (2023). Efektivitas Metode Al Miftah untuk Melatih Kemampuan Qawa’id pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1). https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226

Iqbal, M. (2018). PENGGUNAAN METODE MIM- MEM UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.35931/am.v1i2.48

Jabbar, M. A., Kahar, F., & Wahyudin, W. (2022). Penggunaan Media YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Kelas X MA Al-Ikhlas Labunti Raha Sulawesi Tenggara. Education and Learning Journal, 3(2). https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.176

Katsir, I. Bin. (2003). Tafsir Ibnu Katsir (Muh. A. Goffar, Ed.; Edisi kedua). Pustaka Imam as-Syafi’i.

Kementerian Agama RI. (2014). Al Qur’an Terjemah & Tajwid. Sygma Publishing.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Press.

Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN-Maliki Press.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Predana Media Group.

Sujiono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo.

Wahdan, A., Hantoobi, S., Salloum, S. A., & Shaalan, K. (2020). A systematic review of text classification research based on deep learning models in Arabic language. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 10(6). https://doi.org/10.11591/IJECE.V10I6.PP6629-6643

Zulkhannan. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0