Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Pada Siswa Kelas III SD IT Cobig Islamic School Makassar

Andini Sheila, Abdul Qahar Zainal, Subaedah Hamid

Abstract


Pengujian ini diharapkan dapat menentukan penggunaan strategi narasi pada contoh bahasa Arab pada siswa kelas III SDIT Islamic School Makassar dan pemanfaatan teknik narasi dapat membangun maharah al-kalam siswa kelas III SDIT COBIG Islamic School Makassar. Jenis eksplorasi yang digunakan adalah Eksplorasi Kegiatan Kelas (PTK), yaitu cara yang paling umum dalam memandang permasalahan pembelajaran di kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan akhir untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui melakukan berbagai kegiatan yang diatur dalam keadaan sebenarnya dan membedah setiap dampak dari kegiatan tersebut . Terlaksananya dengan baik berarti bahwa pihak-pihak yang terlibat dengan PTK (ilmuwan) berupaya secara diam-diam menumbuhkan keterampilan membedakan dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran di kelas melalui kegiatan-kegiatan penting yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan atau memajukan keadaan dan kemudian memperhatikan dengan cermat. pelaksanaannya untuk mengukur tingkat pencapaiannya. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa latihan pembelajaran siswa kelas 3 SDIT Cobig Makassar dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Narasi dengan Presentasi Diri (Ta'aruf) perolehan materi dapat ditampilkan dari hasil persepsi yang telah dibuat. Pemanfaatan teknik bercerita lebih dapat mengembangkan siswa memperoleh hasil yang terlihat dari peningkatan siswa mulai dari prasiklus, siklus 1 dan siklus II dan terdapat tahap prasiklus dimana jumlah siswa hanya 3 orang sehingga strategi bercerita adalah selesai dan pada tahap siklus utama rata-rata nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 75, dengan puncak pembelajaran tradisional sebesar 55,55% dengan model kurang baik. Sementara itu, pada siklus II, nilai yang diperoleh siswa meningkat hingga mencapai 87 dengan tingkat rata-rata sangat baik sebesar 88%. Dari pemeriksaan ini dapat dikatakan bahwa dalam pemanfaatan strategi pembelajaran Storytelling dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas 3 SDIT Cobig Makassar

Keywords


Penerapan, metode storytelling, Maharah Al-Kalam

References


Adisaputro, S. E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.118

Ahmad, I. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora Utama Press.

Asfandiyar, A. Y. (2007). Cara Cerdas Menceritakan Cerita. Mizan.

Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.189

Mualif, A. (2019). Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu Dalam Pendidikan Bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v1i1.60

Muhdlor, A. Z. (2021). Referensi Kata Arab-Indonesia Kontemporer. Multi, Karya Ilustrasi Pondok Pesantren Krapyak.

Nurbiana, D. (2005). Strategi Peningkatan Bahasa. Perguruan Tinggi Terbuka.

Qahar Zainal, A., Ansar, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i2.134

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 2(1), 19. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Rosyidi, Wahab., & Ni’mah, M. (2011). Pengertian Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press.

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Sathar, 1(1), 34–41. https://doi.org/https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Suprijono, A. (2014). Pembelajaran Paikem Bermanfaat Hipotesis dan Penerapannya. Perpustakaan Mahasiswa.

Susanti, A. &. (2008). Bercerita Sebagai Energi Bagi Anak. Rumah Sains Indonesia.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Wahab, M. A. (2015). Epistimologi Dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. LP.UIN. Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor