Usaha Mikro Kecil Menengah Helwah Cake Bakery pondok Pesantren Al-Khairaat ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Syariah
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi adanya usaha yang di bentuk pondok pesantren dalam meningkatkan nilai-nilai kemandirian pada ekonomi syariah hingga mendirikan suatu usaha yang dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan kegiatan untuk dapat memperkenalkan lingkungan pondok pesantren agar lebih di kenal pada masyarakat luas. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Roti Helwah Cake and Bakery ini dalam meningkatkan perkembangan penjualan, juga berusaha untuk menarik masyarakat dengan cara melakukan strategi pemasaran melalui tiga tahapan yaitu diantaranya; Media Benner, Media internet serta pengelolaan Produk. Hal ini merujuk pada ajaran Rasulullah Saw melalui sifat-sifatnya serta pandangan H.Idris dalam melakukan pengembangan strategi usaha. Dari perspektif ekonomi Islam maka tiga strategi pemasaran tersebut sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.
Keywords
References
Al-Quran dan terjemahnya, Departemen Agama RI, Jakarta: PT Agung, 2019
Chotimah, C. (2014). Pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren sidogiri pasuruan. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 8 No. 1.
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol. 1. No. 2.
Wahab, A. (2021). Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 5. No. 1.
Yatimah, D. (2011). Manajemen Pendidikan Pesantren dalam Upaya Peningkatan Mutu Santri. El-hikmah, No.1.
Fathoni, M. A. (2018). Konsep pemasaran dalam perspektif hukum Islam. Jurnal Hukum Dan Syariah, Vol. 1 No.9.
Syamsuriah, Syamsuriah, and Ardi Ardi. 2022. ‘Urgensi Pemahaman Moderasi Beragama Di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Islamic Resources.
Syaripuddin, Said, and Ardi Ardi. (2022). "Implikasi Makanan Haram Terhadap Perkembangan Psikologis Manusia." Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law 4, no. 1.
Samsuduha, St, and Ardi Ardi. 2022. ‘Memahami Konsep Khiyar Sebagai Nilai Etika Bisnis Kontemporer’, Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v4i2.263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wanda Wanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats