Pengaruh Harga, Lokasi Usaha dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Dian Narawati, Andi Darmawangsa, Muh. Aidil Sudarmono R

Abstract


Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif dan bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.500 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS 4.0 dengan melakukan uji outer model dan uji inner model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel harga (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel lokasi usaha (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel kualitas pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dalam pandangan Islam, harga, lokasi usaha dan kualitas pelayanan yang ditetapkan oleh warung bakso sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam. Dan secara simultan, menunjukkan hasil bahwa variabel independen (harga, lokasi usaha dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Keywords


Harga, Lokasi Usaha, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Ekonomi Islam

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya Kemenag, Departemen Agama RI

Abdul Wahab, (2010) Fiqh al -Ath'amah, (Kairo-Alexandria: Dār AsSalām)

Alma, Buchari, (2016) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta)

Angipora, Marius, (2010) Dasar-Dasar Pemasaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Ghozali, Imam, (2013) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro)

Hartono, Bambang, (2010) Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Rineka Cipta)

Kadir, A, (2010), Hukum Bisnis Syariah dalam Al-Qur’an, (Jakarta: Amzah)

Karim, Adiwarman, (2010), Ekonomi Mikro Islam. Cetakan Ketiga, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Majid Abdul, Suharto, (2015), Costumer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Philip Kotler & Fandy Tjiptono, (2011), Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Edisi Pertama, (Yogyakarta: Andi Offset)

Philip, K., & Kevin L, (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2, (Jakarta: Erlangga)

Samsuduha, St, and Ardi Ardi. 2022. ‘Memahami Konsep Khiyar Sebagai Nilai Etika Bisnis Kontemporer’, Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law.

Sugiyono, (2014), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatam Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta)

Sukarno, Wibowo, (2013), Ekonomi Mikro Islam, (Bandung: Pustaka Setia)

Sumar’in (2013), Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam, (Yogyakarta: Graha Ilmu)

Syamsuriah, Syamsuriah, and Ardi Ardi. 2022. ‘Urgensi Pemahaman Moderasi Beragama Di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Islamic Resources.

Syaripuddin, Said, and Ardi Ardi. (2022). "Implikasi Makanan Haram Terhadap Perkembangan Psikologis Manusia." Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law 4, no. 1.

Tamara, Toto, (2022), Membudayakan Etos Kerja Islami (Jakarta: Gema Insani Press)




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v4i2.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Narawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats