Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah dan Minat Nasabah di Pegadaian Syariah Kabupaten Bantaeng

Sumiati Sumiati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Unit Pasar Baru Kabupaten Bantaeng tersebut dengan menggunakan konsep strategi pemasaran marketing mix atau yang disebut dengan bauran pemasaran yaitu strategi pemasaran, strategi pemasaran produk, strategi pemasaran tempat dan strategi pemasaran promosi. Kemudian dalam menarik minat nasabah PT. Pegadaian Syariah unit pasar baru kabupaten Bantaeng menggunakan strategi dengan cara pihak pegadaian syariah mnggunakan kegiatan promosi yang dilakukan berupa memberikan browsur kepada masyarakat, dengan begitu bisa memudahkan memberikan informasi dengan masyarakat yang berada disana. Kemudian ditinjau dari hukum islam strategi yang dilakukan oleh PT. Pegadaian syariah unit pasar baru Bantaeng menggunakan etika bisnis islam untuk menghindari terjerumusnya dari bermuamalah yang mengandung riba atau bisa merugikan banyak pihak.

Keywords


Kata Kunci: Pegadaian Syariah, Strategi, Pemasaran, Tabungan Emas

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya.

A Djazuli, Kaidah-Kaidah Fiqih, Jakarta: Kencana. h.129 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, h. 1027. 2008.

Habiburrahman. M, dkk. Mengenal Pegadaian Syariah, Cet. Ke-1. Jakarta: Penerbit Kuwais, h. 218. 2012.

Muhammad Rifk. Akuntasi Keuangan Syariah: Konsep dan Implementasi PSAK Syariah, Yogyakarta: P3EI Press. h. 134. 2008.

Nur Rianto, Dasar-dasar pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta, cv. h.62010.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung

Alfabeta, h. 412. 2012.

Suryabrata Sumadi, Metodologi Penelitian, h. 85. Jakarta : RajaGrafindo Persada 2018.

William J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 1984.h. 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v4i2.269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sumiati Sumiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats