Strategi Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Penjualan Tanah Kavling Syariah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam melakukan promosi terhadap perkembangan penjualan tanah kavling syariah melalui media sosial dan mengetahui pelaksanaan strategi promosi yang dilakukan oleh Perusahaan Artana Land terhadap perkembangan penjualan tanah kavling syariah melalui media sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini di kumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan karyawan dan konsumen yang berhubungan dengan masalah penelitian.
Hasil penelitian ditemukan keunggulan dan kelemahan dalam melakukan promosi melalui media sosial adalah dengan media sosial tentunya masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai penjualan tanah kavling syariah dengan begitu akan lebih banyak konsumen baru bagi Perusahaan Artana Land. Dan kelemahannya adalah dengan penjualan properti konvensional yang telah lebih dulu mapan di media sosial. Adapun pelaksanaan strategi promosi yang dilakukan Perusahaan Artana Land terhadap perkembangan penjualan tanah kavling syariah melalui media sosial yaitu Bumi Khalifah Residen dan Bumi Khalifah Resort masih menggunakan strategi service excellent, door to door dalam meningkatkan konsumen dan menarik minat konsumen dalam meningkatkan loyalitas konsumen dan pengembangan penjualan tanah kavling syariah pada Perusahaan Artana Land.
Keywords
References
Ayu Anggraini. 2016. “Pembelian Tanah Kavling Bisnis Properti Syariah Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.” : 26–131.
Badroen, dkk. “Etika Bisnis dalam Islam” : Jakarta, Kencana, 2006.
Engel. 2014. “Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Tanah Kavling (Studi.” Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents.
Istiani, Nurul, and Athoillah Islamy. 2020. “Fikih Media Sosial Di Indonesia.” Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam 5(2): 202–25.
Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House).” Jurnal Common 3(1): 71–80.
Simatupang, Taufik H. 2015. “Tanggung Jawab Dan Kewajiban Hak Atas Tanah Bagi Pemiliknya ( Kajian Land Reform : Hukum Sebagai Sarana Melakukan Perubahan Sosial Masyarakat ).” Lex Jurnalica 12.
Syuhudi Haris, Muhammad. 2018. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Kavling Pada Pt. Mamminasata Land Berbasis Website.” Jurnal Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.
Yuliana Fitriyah Nanik Yuliana, 2021. 2021. “Analisis Shirkah Terhadap Kerja Sama Pengelolaan Tanah Antara Pemilik Tanah Dengan Pengembang Pt Istana Batara Ponorogo.” 3(March): 6.
Lubis, Muya Syaroh Iwanda. 2021. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Prosiding Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik: 79–88.
Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81.
Rijali Ahmad, Analisis Data Kualitatif, Jurnal Alhadharah. Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018.https://www.researchgate.net/publication/331094976_ANALISIS_DATA_KUALITATIF/link/5c657021a6fdccb608c289e8/download, diakses 10 Agustus 2022
Ratminato dan Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan, ( Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2007),h.2
Syafaat, Ammar. 2021. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Kredit Macet Dalam Praktik Jual Beli Kredit Tanah Kavling.” SKRIPSI : Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kusuma, Teuku Meldi. 2012. “Prinsip Dan Kriteria Periklanan Dari Perspektif Islam” Paper : Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.
Kamarni N. “Modal Sosial Islami Menuju Kesejahtraan Berbasis Maqashid Syariah” : Indomedia Pustaka, 2019.
Tanjung H, “Ekonomi dan Keuangan Syariah isu-isu Kontenporer” : Elex Media Komputindo, 2020.
Syarifuddin, Ali. “Praktik Ekonomi dan Keuangan Syariah oleh Kerajaan Islam di Indonesia” : Rajawali Pers, 2020.
Muljono D. “Akuntansi Syariah” : Buku Pintar, 2019.
Sudaryono. “Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi” : Penerbit Andi, 2016.
Sunyoto Danang, Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. (Jakarta: PT.Buku Seru, 2014),h.225
Ghofur, Badrul. “Pengantar Ekonomi Syariah (Konsep dasar, Paradigma, Pengembangan Ekonomi Syariah)” : Rajawali Pers, 2017.
Paratley, Peter. “Business Ethics (Etika Bisnis)” : Simon & Schuster (Asia) . Cina: Pte Ltd. ANDI Yigyakarta, 1997.
Wijaya. Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan, ( Bandung: Armico, 2004),h.37
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/altafaqquh.v5i1.559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Amirul Haq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law
ISSN : 2720-9164
Published by Muslim University of Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
E : altafaqquhjournal@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats