Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak Panti Asuhan Melalui Pohon Cita-Cita

Martini Martini, Ratika Nengsih

Abstract


Dunia bermain setiap anak sangat ditentukan oleh cita-citanya. Pohon cita-cita anak memiliki gambaran keunikan   berkeinginan untuk menjadi orang yan berguna dan penuh makna dalam hidupnya dimasa akan datang, namun seiring dengan berjalannya waktu, terkadang situasi dan kondisi membuat anak tersebut kehilangan harapan untuk meraih apa yang diinginkan, hal ini  dipengaruhi oleh factor internal dan eksternal. Keadaan  ini harus menjadi acuan bagi para pihak yang terkait seperti orangtua,  guru dan masyarakat sekitar. Hal-hal yang dikhawatirkan terjadi adalah bukan hanya berkaitan pada diri pribadi anak tapi hal-hal yang akan ditimbulkan pada masyarakat, rekan anak lainnya. Sebagai bentuk kepedulian kepada anak maka peningkatan motivasi anak perlu diupayakan untuk membentuk integritas dan komitmen anak untuk sukses. Pengabdian kepada masyarakat melalui pohon cita-cita ini membantu anak untuk mengenal potensi dalam dirinya.  Melalui pendidikan karakter adalah hal yang sangat penting, karena merupakan salah satu pendekatan yang mendasar  dalam mendidik dan melahirkan peserta didik yang berjiwa Social dengan intelektual yang tinggi. Pengabdian yang dilaksanakan ini merubah mindset yang melahirkan suatu kemauan  untuk melakukan perubahan dalam dirinya  dengan tujuan untuk menjadi orang yang berguna rahmatan lil alamin. Kesadaran merubah mindset dan  menuntut ilmu Pendidikan  dalam rangka meraih apa yang dicita-citakan khususnya pada anak yatim piatu di Panti Asuhan Waturua Timor Timur Kecamatan Manggala Antang Kota Makassar.


Keywords


Penanaman Nilai; Pohon cita-cita; Nilai-nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu, Rohani Ahmad.. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2013

Usman, Ahmad. Mari Belajar Meneliti.Jogjakarta : Genta Press, 2008

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Ed.1.Cet. 3; Jakarta: Bumi Aksara, 2013), h. 9-10.

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Ed.1.Cet. 3; Jakarta: Bumi Aksara, 2013), h. 9-10.

Fitriani Mangkuin, ”Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak Siswa SMP Negeri 3 Samang Pulau-Pulau Aru Maluku”. Skripsi. Makassar: Universitas Muslim Indonesia, 2017.

Haidar Putra Daulay, Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Cet. 1; Jakarta: Kencana, 2016).

Ika Malgi Ulfa, ”Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa SD Islam Al-Miftahul Diniyah di Kelurahan Pondok Cabe Udik”. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2010.

Muhammad Fauzi, Agama dan Realitas Sosial Renungan dan Jalan Menuju Kebahagiaan, (Cet. 1 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007).

Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, PerguruanTinggi, dan Masyarakat.(Cet. III; Ar-Ruzz Media, 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Martini Martini, Ratika Nengsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

         

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats