Penerapan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Mahārah Al-Kalām pada Peserta Didik

Mujahid Abdul Jabbar, Ansar Ansar, Fatmawati Fatmawati, Muh. Aidil Sudarmono R

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pembelajaran media audio visual serta bagaimana media audio visual dapat meningkatkan mahrah al-kalm siswa kelas X A SMA Al-Ihsan Lekopancing Maros. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).23 siswa kelas X A SMA Al-Ihsan Lekopancing Maros dijadikan sebagai subjek penelitian. Ada tiga metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Selain itu, analisis teknis data kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk tujuan ini. Dari pra tindakan ke siklus II, penelitian ini menunjukkan peningkatan. Kenaikan rata-rata pra tindakan, siklus I, dan siklus II menunjukkan kemahiran maharah al-kalam siswa. Nilai rata-rata kategori rendah sebelum pra tindakan adalah 46,17. Nilai rata-rata dalam kategori baik adalah 68,26 pada siklus I, dan nilai rata-rata dalam kategori tuntas adalah 89,95 pada siklus II. Kita dapat mengamati peningkatan penggunaan media audio visual selama proses pembelajaran dari hasil dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan temuan penelitian ini, kurangnya LCD proyektor—salah satu fasilitas yang diperlukan untuk pembelajaran menggunakan media audiovisual—di sekolah ini menjadi faktor penghambat media audiovisual, sedangkan penunjang Faktornya adalah perhatian dan rasa ingin tahu siswa.

Keywords


Media Audio Visual; Maharah Al-Kalam; Media Pembelajaran; Video Pembelajaran

References


At All Baharuddin, Tenaga penelitian Humanistik, Cet. IV; Yokyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Badadu dan Zain, Kamus Umum Bahasa Arab Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.

Departemen agama RI, Al-Qur’an dan terjemahannya Depok: muhsaf Al-Rusyidi, 2011.

Fatimasari Tisha, “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan TKJ Kelas X TKJ SMK Muhammadia 2 Yogyakarta”, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

Helmiati, model pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo, 2012.

Hermawan Acep, metodologi pembelajaran bahasa Arab, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011

Huda Miftahul, Cooperatif Learning Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Husni M. Abdullah “Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningktakan Hasil Belajar IPS” (Surabaya), 2018

Isjoni, Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2009.

Jufri Ilmayani, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama”, (Palopo), 2021

Khoiri Imam, Orang Tua dan Tenaga pengajar Jangan Baca Buku ini! Jakarta: Salaris Publisher,2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mujahid Abdul Jabbar, Ansar Ansar, Fatmawati Fatmawati, Muh. Aidil Sudarmono R

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Education and Learning Journal indexed by:

        

___________________________________________________________

Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats