Kecemasan Berbicara Bahasa Arab pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Abstract
Kecemasan dalam berbicara bahasa Arab seringkali menjadi tantangan yang signifikan bagi mahasiswa, dan mempengaruhi kemampuan mereka dalam mempelajari dan mengembangkan keterampilan komunikasi. Penelitian ini memiliki tujuan yang jelas: untuk menyelidiki tingkat dan jenis kecemasan yang dialami oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab di Universitas Muslim Indonesia Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dengan 34 mahasiswa menjadi sampel. Data dikumpulkan melalui penggunaan angket kecemasan berbicara bahasa Arab yang telah diadaptasi dari Foreign Language Classroom Anxiety Scale (FLCAS) yang dikembangkan oleh Horwitz. Skala Likert 1-5 digunakan untuk menilai tanggapan mahasiswa terhadap 30 pernyataan dalam angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengalami tingkat kecemasan yang tinggi, mencapai persentase sebesar 69,85%. Jenis kecemasan yang paling dominan adalah ketakutan dalam berkomunikasi, diikuti oleh ketakutan akan evaluasi negatif. Temuan ini memberikan gambaran yang jelas tentang tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengatasi kecemasan saat berbicara bahasa Arab.Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena kecemasan berbicara bahasa Arab pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Selain itu, hasil ini juga diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi intervensi yang sesuai untuk membantu mahasiswa mengatasi kecemasan tersebut. Strategi intervensi yang efektif dapat mencakup pelatihan keterampilan berbicara, pembelajaran bahasa yang lebih terstruktur dan berorientasi pada praktik, serta dukungan psikologis dan sosial untuk mahasiswa yang membutuhkannya. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi mereka dalam bahasa Arab secara efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, Abdul Aziz, and Damhuri. 2020. “?????????? ??????? ?? ????? ????? ?????? ????? ???? ?????? ?? ??? ???????? Istratijiyahal-Ta’lim Fi Tarqiyati Maharati Al-Kalam Li Tullabi Ma’had Al-Husain Ibn ’Aliy Gorontalo.” Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora 1(2): 70–78.
Ain, Siti Qurrotul. 2022. “Pemetaan Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Dan Solusinya Berdasarkan Penelitian Mahasiswa Tahun 2013-2018.” Al- Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 10(2): 17–44. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/tadris/article/view/5551.
Alfian, Muhammad Ivan, Nujumun Niswah, and Muhammad Zakki Masykur. 2022. “Kecemasan Berbahasa Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Tingkatan Perguruan Tinggi.” Arabia 14(1): 53.
Anandi, Rizki Parahita. 2017. “Tingkat Kecemasan Berbicara Bahasa Arab Di Kalangan Pelajar Sebuah Universitas Di Jawa Tengah.” Lisania: Journal of Arabic Education and Literature 1(2): 1–19.
Annisa, Maryam Nur et al. 2023. “Evaluating the Effectiveness of Role Play Method in Improving Students’ Arabic Speaking Skills: A Case in an Islamic Education Management Program.” Alsinatuna 9(1): 1–15. https://e-journal.uingusdur.ac.id/alsinatuna/article/view/1865.
Ariana, Riska. 2016. “Praksis Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang Berdasarkan Prinsip Pembelajaran Bahasa H. Douglas Brown.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21442/.
Basith, Abdul. 2021. “Kecemasan Berbicara Bahasa Arab Siswa Program Intensif Bahasa Arab.” Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab 1(2): 264–80. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/1191.
Budiman, Mamdukh. 2015. “Kecemasan Berbahasa Asing (Bahasa Arab).” Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya 5(2): 109–31. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/view/1785.
Bukhori, Evi Muzaiyidah. 2021. Problematika Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Maharah Kalam) Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Jember. Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2265.
Gusnovita, Ira, Delvi Wahyuni, and Meira Anggita Putri. 2018. “Kecemasan Berbicara Pada Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Di Universitas Negeri Padang.” Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang 1(1): 33–43. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/32.
Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Khoiriyah, Siti Nur. 2021. 3 Repository Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Perbedaan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Lulusan SMA Dan MA Dalam Menghadapi Pelajaran Bahasa Arab Pada Fakultas Ushuluddin Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Angkatan 2018. Semarang. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14377/.
Naziha, Sakinah, Muhammad Fajrul Falah, M. Aulia Wildanihza, and Wildana Wagadinata. 2023. “Kecemasan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 14(2): 166–72. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/14029.
Nurdin, Farid Soleh, Agus Abdul Rahman, and Fatimah Az-Zahro. 2022. “Kecemasan Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab Ditinjau Berdasarkan Self Efficacy Dengan Academic Help Seeking Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Perspektif 6(2): 106–20. http://www.perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/view/173/98.
Purwono, Fuad Hasyim, Annida Unatiq Ulya, Nurwulan Purnasari, and Ronnawan Juniatmoko. 2019. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif Dan Mix Method). Guepedia.
Putri, Pramesti Nurita, Retno Purwani, and Lastri Mei Winarni. 2022. “Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.” Nusantara Hasana 1(9): 107–14. http://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/227.
Satrio, Satrio. 2018. “Urgensi Penguasaan Bahasa Arab Dalam Studi Islam Di Indonesia.” Perada 1(2): 163–77.
Sholeha, Fathma Zahara, and Safiruddin Al Baqi. 2022. “Kecemasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” MAHIRA: Journal of Arabic Studies 02(01): 1–12. http://jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/mahira/article/view/234/186.
Siregar, Isra Adawiyah. 2021. “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif.” ALACRITY: Journal of Education: 39–48.
Slamet Riyanto, Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pe. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH (Group Penerbitan CV BUDI UTAMA)).
Sudaryono. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mix Method. 2nd ed. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Syamaun, Nurmasyithah. 2016. “Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.” ????????? (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 4(2): 343–59.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i2.979
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Naili, Maryam Nur Annisa, Ansar Ansar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN : 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0