Revolusi Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional dalam Konteks Pendidikan Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis revolusi pendidikan pondok pesantren tradisional dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Dalam konteks perubahan sosial, teknologi, dan tantangan global yang semakin kompleks, pendidikan pondok pesantren tradisional mengalami transformasi yang signifikan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kajian literatur yang melibatkan analisis terhadap berbagai sumber informasi terkait. Melalui analisis literatur, penelitian ini mengungkap tiga temuan utama.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revolusi pendidikan pondok pesantren tradisional melibatkan sejumlah aspek. Pertama, terjadi pergeseran paradigma pendidikan dari kurikulum yang terfokus pada pengajaran agama menjadi pendekatan yang lebih holistik dan terintegrasi. Kedua, implementasi teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi metode pengajaran, pengelolaan administrasi, dan akses terhadap informasi. Ketiga, hubungan antara pesantren dan masyarakat juga mengalami perubahan, dengan upaya memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2015). Kepemimpinan Kiai Dalam Ideologisasi Pemikiran Santri Di Pesantren-Pesantren Salafiyah Mlangi Yogyakarta. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 351–372.
Athoillah, M. A., & Wulan, E. R. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional, 2, 25–36.
Ghani, A. (2021). MENEROPONG EKSISTENSI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA MODERNISASI. Halimi: Journal of Education, 2(2), 153–171.
Haningsih, S. (2008). Peran strategis pesantren, madrasah dan sekolah islam di Indonesia. El-Tarbawi, 1(1), 27–39.
Hasan, M. N., & Supriyatno, A. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa (Penelitian pada Santri di Ponpes Raudhotut Tholibin Rembang). TRANSFORMASI, 12(1).
Hasanah, R., & Kosim, M. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Kharismatik Dalam Memelihara Nilai-Nilai Tradisi Kepesantrenan Tradisional Di Pondok Pesantren Nurul Huda Kamundung Sampang. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(1), 72–85.
Huda, M. N. (2023). Menantang Disintegrasi Moral di Era Revolusi Industri 4.0: Peran Revolusioner Pondok Pesantren. Journal of Islamic Education, 9(1), 1–13.
Jauhari, M. I. (2016). TANTANGAN PONDOK PESANTREN DALAM ERA GLOBALISASI. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 121–147.
Kamal, F. (2018). Transformasi Pendidikan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Abad 21. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 17–30.
Makmun, H. A. R. (2016). Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 211–238.
Marzuki, M., Santoso, B., & Ghofur, M. A. (2021). Penguatan Peran Pesantren untuk Membangun Pertahanan Umat Islam Indonesia di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 269–278.
Masud, A. (2019). Eksistensi Pondok Pesantren dalam Memperkuat Literasi Islam di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Munaqasyah, 1(1), 69–85.
Mukri, S. G. (2013). Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren. FIKRAH, 6(1).
Mustopa, M., Hapidin, A., Rayana, J., Bumaeri, A. D. A., & Ahyani, H. (2021). Eksistensi Model Perguruan Tinggi di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Tentang Peluang dan Tantangannya di Era 4.0). Hikmah, 18(1), 81–90.
Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2023). TRANSFORMASI PESANTREN MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 240–255.
Purnamasari, N. I. (2016). Konstruksi sistem pendidikan pesantren tradisional di era global; paradoks dan relevansi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 73–91.
Sofwan, M., & Habibi, A. (2016). Problematika dunia pendidikan Islam abad 21 dan tantangan pondok pesantren di Jambi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 271–280.
Solichin, M. M. (2011). Modernisasi Pendidikan Pesantren. Jurnal Tadris, 6(1).
Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT. Pustaka Rizki Putra.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v20i1.378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yush Nawwir, Rahim Mansyur, Rahim Mansyur, Ardi Ardi, Ardi Ardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
E : islamicresources@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats