Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Peserta Didik

Abdul Malik, St. Nur Aisyah, Akhmad Syahid, Ansar Ansar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang peningkatan prestasi belajar  peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus pada 32 siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Makassar, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan yang menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dokumentasi, melalui pendekatan saintifik. Teknik analisis data penelitian ini digunakan rumus menghitung nilai rata-rata dan persentase data lembar kegiatan siswa dan data peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 11 Makassar. Hasil Skor rata-rata siswa pada tes pra-siklus yang diberikan oleh peneliti kepada mereka adalah 59, dengan tingkat ketuntasan 12%; Dengan persentase 59%, rata-rata nilai siswa pada Siklus I adalah 75; Selain itu, pada siklus II persentase siswa dengan nilai rata-rata 92 meningkat. Kesimpulan yang dapat ditarik dari temuan tersebut adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan akhlak mengalami peningkatan terhadap penerapan metodologi keilmuan.

Keywords


Pendekatan Saintifik; Peningkatan Prestasi; Prestasi Belajar; Budi Pekerti.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013 ( Cet. II. Bandung: PT Rafika Aditama, 2014).

Ayatullah, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapan Nusantara, Vol. 2. No. 2. Agustus 2020.

Abduloh, dkk, Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didi,(Cet. l. Jawa Timur, 1 Maret 2019).

Arikunto, Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017),

Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum (Cet. I. Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Daryanto, Pendektan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, (Cet. I. Yogyakarta: Gava Media Lor, 2014).

Dahlia Dina, Setiawati Sri Nike, Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Di Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Vol. 7. No. 2, Oktober 2019.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesi, (Jakarta:Pusat Bahasa, 2008.

Firdaus Maulan Agus, Pendekatan Saintifik Dalam Pengembangan Metode Dan Strategi Pembelajaran Agama Islam Di Indonesia, Vol1, No. 2, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v20i1.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Malik, St. Nur Aisyah, Akhmad Syahid, Ansar Ansar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
E : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats