Paradigma Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Psikologis Di Era Globalisasi

Abd Wahid, Siti Nuraeni, Tuty Alwiyah

Abstract


Sebagai suatu proses, pendidikan dimaknai sebagai semua tindakan yang mempunyai efek pada perubahan watak, kepribadian, pemikiran, dan perilaku. Paradigma pendidikan karakter dalam tinjauan psikologis di era globalisasi adalah Pendidikan karakter yang didasarkan atau yang berpangkal pada kedaan psikologi manusia di era global. Demi mendukung pelaksanaan paradigma-paradigma Pendidikan karakter tersebut, diperlukan perumusan berbagai komponen yang mendukung terlaksananya pendidan karakter yang lebih baik dan maju.Visi, misi, arah, tujuan, kurikulum, proses pembelajaran, kualitas guru, sarana dan prasarana, serta berbagai komponen dalam Pendidikan karakter lainnya perlu diformulasikan Kembali sesuai dengan tantangan-tantangan di era globalisasi sekarang ini.

Keywords


Paradigma Pendidikan; Pendidikan Karakter; Psikologi; Era Globalisasi.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata (2010) Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisiplioner. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Amirulloh (2015) Teori Pendidikan Karakter Remaja dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Azzet, A.M. (2014) Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan BangsaNo Title. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dharma, K., Triatna, C. and Permana, J. (2011) Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Echols, J.M. and Hasan Shadily (2006) Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Gunawan, H. (2012) Pendidikan Karakter. Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, H.. (2011) Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Salahudin, A. and Irwanto Alkrienciechie (2013) Pendidikan Karakter. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Tridhonanto (2012) Membangun Karakter Sejaak Dini. Jakarta: Gramedia.

Yudrik Jahja (2013) Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia.

Zubaedi (2012) Design Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v20i1.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abd Wahid, Siti Nuraeni, Tuty Alwiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam