Pengaruh Keteladanan Pendidik Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPIT Insan Cendikia Makassar

Subaedah Subaedah, Radiatul Adawiyah, Nur Setiawati

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk mencari data dan membuktikan (1) ada dan tidaknya signifikansi pengaruh yang diberikan keteladanan pendidik terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMPIT Insan Cendikia Makassar dan (2) berapa besar pengaruh antara keteladanan pendidik terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMPIT Insan Cendikia Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 115 orang, dan sampel ditetapkan sebanyak 33 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling untuk kepentingan angket. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrument berupa angket keteladanan pendidik dan karakter peserta didik. Dengan nilai koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,164. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,027 yang mengandung pengertian bahwa besar kontribusi pengaruh variabel bebas (keteladanan pendidik) terhadap variabel terikat (karakter peserta didik), berada pada kategori yang sangat lemah ialah sebesar 0,27 (3%). Hasil analisa data yang dihasilkan= 0,221 <= 0,404. Karena berada pada kategori yang sangat lemah berdasarkan pedoman derajat hubungan nilai pearson corelasi, korelasi tersebut diabaikan. Dimana kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini ialah tidak terdapat pengaruh antara variabel keteladanan pendidik terhadap variabel karakter peserta didik

Keywords


Keteladanan Pendidik, Karakter Peserta Didik

Full Text:

PDF PDF

References


Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Skatistik Pendidikan : Teori dan Praktik dalam Pendidikan. CV Widya Puspita.

Azizah, L., Mujiburrohman, Praptiningsih, & Fatimah, M. (2023). Peran Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Upaya Pembentukkan Karakter Terhadap Siswa. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42. https://doi.org/10.54090/alulum.130

Faizah, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Pendidikan Islam, 11(1), 1288. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427

Hamka, Hakim, A., & Shamad, I. (2022). Pembinaan Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) PGRI Pulau Salemo Kab. Pangkep. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(1), 31–43. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/980/1057

Hanafiah, Y. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Agama Islam) (1st ed.). UAD Press.

Kaimuddin, K. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal. Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(1), 132–152. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i1.549

Kementerian Agama. (2023). Al-Qur’an Hafalan Mudah Terjemahan dan Tajwid. Cordoba internasional-Indonesia.

Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik (1st ed.). umsuPRESS.

Raharjo, A. S. (2013). Pengaruh Keteladanan Guru Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Karakter Siswa Smk N 2 Pengasih Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. In Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridwan Abdullah Sani, M. K. (2016). Pendidikan Karakter : Mengembangkan Karakter Anak yang Islami (1st ed.). PT Bumi Aksara.

Saleh, A. M. (2012). Membangun Karakter Dengan Hati Nurani : Pendidikan Karakter Untuk Generasi Bangsa. Erlangga.

Sari, R. P. (2015). Korelasi Keteladanan Guru Pendidikkan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Taman Sidoarjo. In Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS (4th ed.). KENCANA.

Subaidi, & Barowi. (2018). TASAWUF DAN PENDIDIKAN KARAKTER Implementasi Nilai-Nilai Sufistik Kitab Tanwirul Qulub di MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara (S. Khalim (ed.); 1st ed.).

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter (1st ed.). CV. Jakad Media Publishing.

Sutarti, T. (2018). Pendidikan Karakter Untuk Usia Remaja. In repository.stkippacitan.ac.id was first indexed by Google in August 2019 (Vol. 1). CV Aksara Media Pratama. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/837/2/6. Pendidikan Karakter Untuk Usia Remaja.pdf

Yin Dirman, Andi Bunyamin, N. P. (2022). Sistem Pembinaan Karakter Santriwati di Pondok Pesantren Al-Amanah Liabuku Kota Bau-Bau. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(1), 106.

Zebua, R. S. Y. Z., & Setiawan, A. (2020). Tafsir Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Konsep Metode Pembelajaran (Panduan Pengembangan Metode Pembelajaran) [Google Books]. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13478.04162




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v21i1.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Radiatul Adawiyah, Subaedah Subaedah, Nur Setiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88 resmi

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam

daftar slot gacor

Situs togel

slot gacor slot88