IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK

Andi Banna

Abstract


Penelitian ini berdasar pada studi kasus atas kegelisahan peneliti terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral, di antaranya adalah meningkatnya pergaulan bebas, penyalah gunaan obat-obatan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah madrasah Ibtidaiyyah dalam mata pelajaran  Aqidah Akhlak memiliki peran besar dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di MIN Alfitrah Lanraki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: () perencanaan pembelajaran guru Aqidah Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter adalah dengan mendesain perencanaan pembelajaran dengan melibatkan media, 2) penerapan pembelajaran guru Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan karakter peserta didik yang dilakukan telah mengacu pada tata tertib maupun aturan yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam setiap kegiatan atau proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah sebagai Lembaga Pendidikan Dasar, 3) evaluasi pembelajaran guru Aqidah Akhlak berupa ujian tugas dari guru, ulangan harian, nilai UTS dan ulangan UAS peserta didik. Penyampaian pembelajaran Aqidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik yang diterapkan oleh guru mata pelajaran di sekolah dimana penelitian dengan hasil yang memuaskan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah bin, Abdil Hamid al-Atsari. Panduan Aqidah Lengkap, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2012.

Aly, Hery Noer dan Munzier. Watak Pendidikan Islam, (Jakarta Utara: Friska Agung Insani, cet. III, , 2015.

Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2001

Kesuma, Dharma dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011..

Marzuki. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: FIS Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekola. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mujib, Abd, Muhaimin Tadjab. Dimensi-Dimensi Studi Islam. Surabaya: Karya Abditama, 1994.

Parsons, Les. Bullied Teacher Bullied Student, terj. Grace Worang, Jakarta: Grasindo, 2009.

Samani, Muchlas Dan Hariyanto, M.S. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v16i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andi Banna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88 resmi

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam

daftar slot gacor

Situs togel

slot gacor slot88