PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA HARISUL KHAIRAAT OME KOTA TIDORE KEPULAUAN PROVINSI MALUKU UTARA

Eni Nadira, Akhmad Syahid, Maryam Ismail, Abdul Wahab

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kedisiplinan Guru terhadap Minat Belajar Pesrta Didik di Madarasah Aliyah Harisul Khairaat Ome Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru di Madrasah Aliyah Harisul Khairaat Ome Kota Tidore Kepulauan. (2) Untuk mengetahui bagaiaman minat belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Harisul Khairaat Ome Kota Tidore Kepulauan. (3) Untuk menegtahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan guru terhadap minat belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Harisul Khairaat Ome Kota Tidore Kepulauan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di di Madrasah Aliyah Harisul Khairaat Ome Kota Tidore Kepulauan yang berjumlah 134 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu Propotionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket dalam melengkapi data penelitian. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis statistik deskriptif kedisiplinan guru berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 49%. Kemudian minat belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 63%. Hal ini dapat dilihat dari uji parsial (Uji T) menunjukkan pada variabel minat belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (5,015) > ttabel (1,997). Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, didapatkan nilai R Square sebesar 0,279 yang berarti bahwa 27,9% minat belajar dipengaruhi oleh Kedisiplinan guru dan sisanya 72,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel kedisiplinan guru. Dalam hal ini kedisiplinna guru berkontribusi sebesar 27,9% terhadap minat belajar peserta didik di Madrasah Aliyah di Madrasah Aliyah Harisul khairaat Ome Kota Tidore Kepulauan.

Keywords


n4dira

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2019). Jurnal Ilmiah Islamic Resources. Journal Ilmiah Islamic Resources, 16(1), 23–34.

Hafidulloh, Nur, I. S., & Mochklas Mochammad. (2021). Manajemen Guru: Meningkatkan Kedisiplinan dan Kinerja Guru. Bintang Pustaka Madani.

Iskandar, Askor, J., Rini, W., & Zoini. (2022). Statistik Pendidikan: Teori dan Aplikasi SPSS. Nasya Expanding Management.

Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Kencana.

Juni, priansa D. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Pustaka Setia.

Nurlasmi. (2018). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Kresna Bima Insan Prima.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudarmono, Mu. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 162. https://doi.org/10.33096/jiir.v17i2.92

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Kencana.

Tu’us Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Uno B, H., & Lamatenggo, N. (2018). Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang memengaruhi (F. B. Sari (ed.)). Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v21i1.854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eni Nadira, Akhmad Syahid, Maryam Ismail, Abdul Wahab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88 resmi

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam

daftar slot gacor

Situs togel

slot gacor slot88